Sabtu, 09 Desember 2017 09:08 WITA

Peringati HAKI, Kejari Soppeng Bagi-bagi Pin Anti Korupsi

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Peringati HAKI, Kejari Soppeng Bagi-bagi Pin Anti Korupsi
Kejari Soppeng memberikan stiker dan PIN Anti Korupsi kepada pengguna jalan.

RAKYATKU.COM, SOPPENG - Dalam rangka peringatan Hari Anti Korupsi Internasional (HAKI) Tahun 2017, Kejaksaan Negeri Soppeng melakukan aksi pembagian Sticker dan Pemasangan PIN Anti Korupsi kepada masyarakat umum pengguna jalan, di Jalan Samudera, Kecamatan Lalabata, Jumat (8/12/17).

Sebelum melakukan aksi tersebut, seluruh komponen melakukan apel yang dipimpin Kajari Soppeng, Atang Pujiyanto. Ia mengatakan, maksud dan tujuan peringatan HAKI 2017 bahwa pemberantasan korupsi merupakan kerja kolektif yang membutuhkan partisipasi luas dan massif.

"Tidak hanya melibatkan seluruh aparatur penegak hukum, namun juga semua komponen yang ada dalam masyarakat tanpa terkecuali," ujarnya.

Ia juga menambahkan, keterlibatan semua komponen tersebut tentunya didasari pemahaman bahwa korupsi merupakan musuh bersama, yang dampaknya secara sistematik merusak sendi-sendi perekonomian dan menghambat pembangunan. 

"Upaya pemberantasan korupsi pun terkendala dan menghadapi tantangan berat dengan munculnya beragam motif dan modus operandi korupsi yang semakin canggih, dan dilakukan dalam skala besar," paparnya.

Belum lagi dengan berbagai serangan balik dari para koruptor (corruptor fight back) dengan cara membangun opini yang menyesatkan melalui media cetak, elektronik maupun daring (online).

"Adanya dinamika perubahan norma hukum melalui berbagai putusan Mahkamah Konstitusi dan terdapatnya penegak hukum yang masih memiliki integritas moral rendah, sehingga mencoreng nama baik institusi dan pribadi yang bersangkutan," tutupnya.

Tags