Jumat, 08 Desember 2017 17:30 WITA

Kapolda Sulsel Diminta Evaluasi Polres Palopo

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Kapolda Sulsel Diminta Evaluasi Polres Palopo
Marwan Mas.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Polres Palopo semakin menjadi sorotan pasca jenazah salah satu warga terpaksa diarak menggunakan mobil ambulans ke Mapolres Palopo, Jalan Opu To Sappaile, Kecamatan Wara, Kota Palopo, Rabu (6/12/2017) lalu.

Insiden tersebut disikapi serius oleh Guru Besar Universitas Bosowa, Prof Marwan Mas. Menurutnya, apa yang terjadi di Polres Palopo sudah tidak mencerminkan polisi sebagai pengayom masyarakat dan telah menghilangkan rasa kemanusiaan. 

Marwan menyebutkan, insiden yang terjadi di Palopo bertentangan dengan apa yang diperlihatkan oleh Kapolda Sulsel, Irjen Umar Septono. Dimana Umar memperhatikan kepeduliannya kepada masyarakat. 

"Apa yang terjadi itu sangat bertentangan dengan Kapolda dan sebenarnya hal-hal seperti itu harus diberikan kebijakan dan juga adalah suatu penghargaan hak-hak asasi manusia," kata Marwan Jum'at (8/12/2017).

Atas kejadian tersebut pula, Marwan menyebut Umar Septono harus mengevaluasi anggotanya. Hal tersebut dilakukan untuk memperbaiki citra kepolisian sebagai pengayom masyarakat.

"Saya kira perlu ada koreksi bagi polisi, Kapolda harus mengoreksi hal-hal seperti itu dan juga mengevaluasi kinerja Polres Palopo," jelasnya.

Selain itu, Marwan juga mempertanyakan kebijakan Polres Paolopo untuk memberikan izin. Seharusnya, polisi harus memberikan kebijakan untuk mempertemukan anak dengan ayahnya untuk terakhir kalinya.

"Kenapa sih tidak diberikan dari awal kemudian dikawal oleh polisi. Apalagi berdasarkan pemberitaan ada keluarga atau ibunya yang sampai bermohon dan bersujud dan dia siap memberikan jaminan untuk tidak kabur," tambahnya. 

Sebelumnya, beredar video yang menjadi viral di Media Sosial, terkait Polres Palopo yang enggan memberikan izin kepada salah seorang tahanannya, MP (15) yang masih di bawah umur untuk mengikuti prosesi pemakaman ayahnya, Nurdin Bin M Nur pada, Rabu (5/12/2017) lalu.