Jumat, 08 Desember 2017 14:07 WITA

Bupati Maros Pastikan Relokasi Pedagang Pasar Sentral Gratis

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Bupati Maros Pastikan Relokasi Pedagang Pasar Sentral Gratis

RAKYATKU.COM, MAROS - Bupati Maros, HM Hatta Rahman memastikan, proses pemindahan pedagang pasar sentral Maros ke Pasar Rakyat Butta Salewangang atau yang biasa dikenal Pasar Tradisional Modern (Tramo) tidak dipungut biaya alias gratis. 

Hal ini ditegaskan Hatta saat menggelar pertemuan dengan ratusan pedagang Pasar Sentral Maros, di Gedung Serbaguna, Jumat (8/12/2017). 

Selain itu Hatta juga menegaskan, pedagang pasar sentral akan menjadi prioritas utama dalam penempatan kios dan lods pasar. Semua pedagang dipastikan akan memiliki kios dan lods sesuai data yang telah diverifikasi oleh tim. 

"Untuk memastikan semua pedagang mendapat hak yang sama maka kami akan melakukan sistem undian sehingga kios dan lods akan ditempati pedagang sesuai hasil undian," ujar Hatta. 

Dinas Koperasi, UMKM dan Pedagangan (Kopumdag) Maros akan membuka pendaftaran dan pencocokan data pedagang mulai Senin mendatang di Pasar Tramo. Jika pedagang tidak datang mendaftar, maka dianggap tidak mau lagi menjual di Pasar Tramo. 

Pertemuan Bupati Maros dengan pedagang pasar ini merupakan pertemuan lanjutan setelah sebelumnya pertemuan pertama batal akibat tidak hadirnya Hatta. Pada pertemuan pertama Hatta berhalangan hadir sehingga pedagang juga menolak untuk melanjutkan pertemuan. 

Salah satu perwakilan pedagang, Nurjaya, menyampaikan aspirasi pedagang dengan beberapa poin yakni pedagang ingin memastikan apakah pedagang pasar ini dipindahkan atau menata ulang sehingga tidak jelas.

"Kemudian yang kedua, apakah setelah pasar yang lama diperbaiki pedagang masih memiliki hak untuk menempati kembali pasar lama. Apakah jumlah kios dan lods mampu menampung seluruh pedagang dari pasar sentral ke pasar tramo termasuk pedagang kaki lima mendapat tempat yang layak dan adil. Serta verifikasi data pedagang harus transparan," beber Nurjaya. 

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam, Kepala Kejari Maros Eko Suwarni dan berlangsung lancar. Beberapa pedagang mengajukan pertanyaan kepada Bupati dan langsung dijawab oleh Hatta.