Kamis, 07 Desember 2017 22:19 WITA

Abraham Samad: Jangan Biarkan Kriminalisasi Merajalela

Editor: Adil Patawai Anar
Abraham Samad: Jangan Biarkan Kriminalisasi Merajalela
Abraham Samad.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Mantan ketua KPK Abraham Samad mengatakan, kriminalisasi terhadap orang-orang atau kelompok-kelompok yang kritis terhadap kebijakan yang tidak berpihak kepada masyarakat kecil sangat berbahaya. 

Ia juga mengatakan bahwa ada beberapa kelompok yang menggunakan instrumen hukum untuk mengkriminalisasikan orang-orang kritis. Ia menyebut bahwa kriminalisasi adalah bentuk pelanggaran HAM modern yang mengalami metamorfosis. 

"Menurut saya ini berbahaya karena aparat menggunakan instrumen hukum yaitu undang-undang untuk mengkriminalisasi kelompok-kelompok kritis. Dan ini berbahaya karena seolah-olah bahwa itu bukankah pelanggaran HAM, padahal itu adalah pelanggaran HAM yang sangat modern,"kata Abraham Samad kepada awak media, Kamis (7/12/17).

Mantan dosen hukum Unhas ini mengatakan, sampai saat ini pun masih banyak pelanggaran HAM di masa lalu yang belum diselesaikan oleh pemerintah. Untuk itu ia tetap berkomitmen mengajak masyarakat untuk melawan pelanggaran HAM yang belum terselesaikan di Indonesia hingga sekarang ini. 

Untuk kriminalisasi yang terus bermunculan, Abraham meminta aktivis untuk tetap berkomitmen agar tidak membiarkan kelompok-kelompok tertentu untuk mengkriminalisasikan orang-orang yang kritis. 

"Kalau ini dibiarkan terus-menerus maka kelompok-kelompok kritis yang kebanyakan berpihak kepada masyarakat marjinal atau masyarakat kecil akan tertidur. Kalau mereka tertidur maka selesailah negeri ini," pungkasnya.