Kamis, 07 Desember 2017 19:00 WITA

HUT Bantaeng, Diskominfo Hadirkan 3 Inovasi

Editor: Andi Chaerul Fadli
HUT Bantaeng, Diskominfo Hadirkan 3 Inovasi

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Bantaeng menghadirkan inovasi baru di Hari Jadi Kabupaten Bantaeng yang ke 763 Tahun.

Di antaranya aplikasi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), Aplikasi Sarana Pengaduan Aspirasi (Sapa) dan SMS Gateway.

Dimana aplikasi ini terintegrasi atas kerjasama dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Yang diresmikan langsung oleh Bupati Bantaeng di stand Kominfo Bantaeng, Kamis (7/12/2017).

Perwakilan dari Kemendagri, Feri Novriadi mengatakan, dengan aplikasi Sapa, masyarakat bisa mengadu terkait apa saja.

"Misalnya ada pungli, bisa dilaporkan di Aplikasi Sapa. Jika ada juga keluhan jalan rusak, atau ada pelayanan yang dipersulit, bisa dilaporkan. Dan nanti akan ada balasan atas keluhan dari masyarakat," jelasnya.

HUT Bantaeng, Diskominfo Hadirkan 3 Inovasi

Namun, untuk menggunakan aplikasi tersebut, harus mendaftarkan akun pribadi di sapa.bantaengkab.go.id, dengan memasukkan data diri (seperti nama, alamat), nomor telepon dan NIK.

"Jadi kalau sudah ada akunnya, terus ada keluhan dimasukkan. Nanti akan ada jawaban dari keluhan melalui SMS di nomor masyarakat yang menuliskan keluhannya (di aplikasi Sapa). Dan wajib untuk memasukkan NIK (saat daftar), jadi kalau NIK nya salah (tidak terdaftar di Kemendagri), maka tidak bisa bikin akun Sapa," paparnya.

Untuk PPID, akan menghadirkan informasi disetiap OPD Pemkab Bantaeng. Sementara untuk aplikasi SMS Gateway merupakan aplikasi berbasis pesan singkat (SMS), dimana ini akan menjadi sumber informasi kepada masyarakat Bantaeng disetiap kegiatan atau pemberitahuan.

"Seperti untuk ucapan Hut Bantaeng, seluruh masyarakat Bantaeng akan menerima SMS dari KOMINFO BTG ucapan tersebut. Jadi bukan hanya bagi kominfo, bisa SKPD lainnya," ujar Feri.

"Misalnya Dinas Catatan Sipil ingin mengadakan perekaman e-KTP di salah satu Kecamatan, melalui SMS Gateway akan masuk pemberitahuan di nomor setiap warga di Kecamatan tersebut," paparnya.