Kamis, 07 Desember 2017 18:37 WITA

Dirjen Hubla: Semua Instansi Pelabuhan Harus Kompak

Editor: Andi Chaerul Fadli
Dirjen Hubla: Semua Instansi Pelabuhan Harus Kompak

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Agus H Purnomo menekankan, semua instansi di pelabuhan harus kompak dan solid.

Hal itu diungkapkan Dirjen Hubla saat menjadi narasumber Focus Group Discussion (FGD) tentang Transformasi Pengelolaan di Kawasan Timur Indonesia dan Program Tol Laut Pemerintah yang digelar PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero) di Makassar, Kamis (7/12/2017).

“Kita semua harus kompak, harus solid. Ayo kita kompak berbuat untuk negeri ini,” ujar Agus dalam FGD yang berlangsung di Ruang Serba Guna Lantai 7 Kantor Pelindo IV Makassar.

Selain kompak dan solid, Agus juga meminta agar seluruh instansi di pelabuhan untuk selalu bersinergi dengan pihak lain. Serta selalu positif thinking dan tidak saling menyalahkan. “Tak lupa, sesuai instruksi Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, kita juga harus memaksimalkan online dan digital mengingat saat ini sudah era digital,” katanya.

Dirjen Hubla: Semua Instansi Pelabuhan Harus Kompak

Agus juga menuturkan, ekonomi di Kawasan Timur Indonesia (KTI) harus bertumbuh. “Kita punya pekerjaan rumah (PR), bagaimana agar semua pelabuhan yang disinggahi kapal harus bertumbuh ekonominya, terutama pelabuhan-pelabuhan di KTI,” katanya. 

Jika ekonomi wilayah tumbuh lanjut dia, otomatis Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) juga akan bertumbuh. Namun menurutnya, APBN harus tumbuh tetapi yang paling penting adalah pertumbuhan ekonomi daerah. Semua pelabuhan harus bisa mengeluarkan biaya yang kompetitif.

“Karena tujuan Tol Laut, supaya semua barang kebutuhan masyarakat bisa tersebar di seluruh Indonesia dengan harga yang masih pantas. Tentunya, kita semua berharap agar negeri ini bisa bersaing dengan negeri yang lain,” tegasnya.