Kamis, 07 Desember 2017 17:34 WITA

Jaringan Ngadat, Pemohon E-KTP di Sidrap Menumpuk

Editor: Fathul Khair Akmal
Jaringan Ngadat, Pemohon E-KTP di Sidrap Menumpuk
Kepala Dissosdukcapil Sidrap, Syaharuddin.

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Selama hampir sepekan terakhir, jaringan online penerbitan Kartu Tanda Penduduk elektronik atau e-KTP di Kabupaten Sidrap mengalami gangguan. 

Akibatnya, setiap hari ratusan pemohon e-KTP nampak antri di Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dissosdukcapil) Sidrap menunggu giliran. 

Namun, sebagian besar dari mereka terpaksa pulang dengan tangan kosong lantaran e-KTP miliknya belum bisa tercetak karena jaringan online sangat lambat. 

"Sudah beberapa hari ini jaringan mengalami gangguan. Banyak sekali (pemohon) yang antri dan hingga kini KTP nya belum bisa keluar," ujar Kepala Dissosdukcapil Sidrap, Syaharuddin Laupe, Kamis (7/12/2017).

Menurutnya, jaringan online pencetakan e-KTP tersebut terpusat secara nasional di Jakarta. "Bisa dibayangkan, jika lebih dari 500 kabupaten/kota se Indonesia menggunakan jaringan ini secara bersamaan. Memang kadang lambat," jelas Syaharuddin. 

Disebutkannya, jaringan tersebut biasanya lancar pada malam hari. "Kami biasa mencetak di malam hari karena jaringannya relatif lebih bagus. Tapi sekarag juga sudah terkadang mengalami gangguan," papar Syaharuddin. 

Untuk itu, dia meminta maaf dan mengimbau warga masyarakat pemohon e-KTP untuk bersabar akibat gangguan jaringan ini. 

"Tidak ada upaya perbaikan. Kami sifatnya hanya menunggu, karena yang tentukan adalah pusat," lontarnya.