Kamis, 07 Desember 2017 16:49 WITA

KPU Sidrap Tetapkan 650 Lokasi TPS untuk Pilkada 2018

Editor: Andi Chaerul Fadli
KPU Sidrap Tetapkan 650 Lokasi TPS untuk Pilkada 2018
Komisioner Bidang Teknis KPU Sidrap Alimuddin Baharuddin

RAKYATKU.COM, SIDRAP - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidrap sudah mengakumulasikan Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sidrap 2018 mendatang.

Komisioner Bidang Teknis KPU Sidrap Alimuddin Baharuddin menjelaskan tempat pemungutan suara nantinya ditentukan sebanyak 650 tempat lokasi TPS. Penentuan itu sesuai hasil pemetaan lokasi di tiap-tiap desa dan kelurahan.

“Jumlah ini diakumulasikan dari 106 Desa dan Kelurahan tersebar di 11 kecamatan. Penentuan ini masih mendasari Pemilu 2014 lalu,” ujar Alba sapaan akrabnya ditemui di kantor KPU, Kamis (7/12/2017).

Alba menambahkan, jumlah penambahan TPS itu dimungkinkan akan bertambah setelah penentuan jumlah wajib pilih yang sudah ditetapkan.

“Aturan sudah tertuang dalam regulasi UU 10 Tahun 2016 tentang mengatur penentuan 1 TPS itu maksimal 800 penduduk yang berada disekitar lokasi,” jelas dia.

Begitupun hal itu nantinya mendasari penentuan lokasi TPS itu harus memenuhi syarat dan kriteria.

“Misalnya lokasinya mudah dijangkau, kemudian bukan rumah atau lokasi milik pengurus partai politik dan
tidak mudah diintip pada bilik suara, termasuk fungsi TPS untuk memudahkan akses pemilih agar partisipasi pemilih tetap tinggi (aksesibilitas). Semua ini menjadi pertimbangan titik keberadaan TPS,” tandasnya.