Kamis, 07 Desember 2017 12:23 WITA

Hati-hati, Uang Palsu Pecahan Rp100 Ribu Beredar di Bulukumba

Editor: Mulyadi Abdillah
Hati-hati, Uang Palsu Pecahan Rp100 Ribu Beredar di Bulukumba
Juhanda Hasan

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Warga Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, geger dengan beredarnya uang palsu pecahan Rp100 Ribu, pada Kamis (7/12/2017).

Uang jenis cetakan baru itu mulai beredar di Pasar Rakyat Tanete, Kecamatan Bulukumpa. Korbannya kebanyakan adalah pedagang di pasar terbesar kedua di Bulukumba itu.

Salah seorang warga yang pertama kali melaporkan hal tersebut kepada polisi, Juhanda Hasan menuturkan, dirinya melihat salah seorang pedagang sedang menggenggam uang merah tersebut.

Karena melihat tekstur dan warna uang itu berbeda uang Rp100 ribu pada umumnya, dia mencoba menghampirinya.

"Saya tanya itu pedagang, dari manaki ambil. Dia mengaku hasil transaksi jual beli dengan orang yang tidak diketahui, karena saya curiga akhirnya saya mengecek dan memastikan. Dan ternyata memang uang palsu karena warna dan bentuknya beda dengan yang asli," ungkap Juhanda Hasan.

Untuk membuktikan uang tersebut benar palsu, Juhanda menghubungi Polsek Bulukumpa untuk dilakukan pengamanan uang tersebut kantor bank terdekat untuk diuji menggunakan sinar ultra violet.

"Setelah di tes di Bank Mandiri, betul kalau itu uang palsu. Karena orang bank langsung mengatakannya," tambahnya lagi.

Kini dua lembar uang palsu pecahan Rp100 ribu tersebut sementara diamankan di Mapolsek Bulukumpa untuk penyelidikan lebih lanjut.