Jumat, 03 Juni 2016 14:20 WITA

Sudah Berbulan-bulan Pembangunan Bandara Buntu Kunik Mangkrak

Penulis: Al Khoriah Etiek Nugraha
Editor: Mulyadi Abdillah
Sudah Berbulan-bulan Pembangunan Bandara Buntu Kunik Mangkrak
Ilustrasi

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Bandara Udara Pongtiku Tana Toraja, Alek Rudi mengungkapkan progres bandara Buntu Kunik baru mencapai 20 persen. Namun, proyek ini mangkrak sejak akhir tahun 2015 lantaran tak memiliki anggaran yang bersumber dari APBN.

Ia menjelaskan, pihaknya mengusulkan anggaran tambahan pada APBN-P sebanyak Rp 310 miliar pada 2015, namun usulan anggaran tersebut tidak dialokasikan.

"Anggaran yang sudah terpakai itu Rp 254 miliar dari total anggaran kebutuhan Rp 1,7 tiliun. 2015 lalu kita ada usulkan di APBN-P untuk tambahan, tetapi belum kita dapatkan," jelas  Alek Rudi usai melakukan pertemuan tertutup di dengan Sekertaris Provinsi Sulsel, Abd Latief di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (3/5/2016).

Untuk tahun 2016 ini, ia mengaku pihaknya mengusulkan kembali di APBN sebesar Rp 450 miliar. Namun, usulan tersebut belum disetujui oleh Kementerian. Hal ini dikarenakan, pembangunan ini membutuhkan anggaran yang terbilang besar, maka harus mendapatkan persetujuan oleh Presiden RI terlebih dulu.

"Kenapa belum disetujui oleh menteri, karena ini memang membutuhkan anggaran yang sangat besar, tentunya perlu ada persetujuan dari presiden," jelasnya.

Loading...

Ia juga menambahkan, bahwa krisisnya anggaran untuk pembangunan Bandara Buntu Kunik ini dinilai sebagai salah satu dampak dari pemotongan anggaran proyek oleh pemeritah pusat.

Menurut Alek, jika anggaran yang turun cukup lancar, maka kemungkinan Bandara ini bisa dioperasikan pada akhir 2017 mendatang. Sayangnya perkiraan tersebut tidak sesuai dengan realita yang terjadi, sehingga pihaknya tidak bisa memastikan penyelesaian Bandara tersebut.

"Target saya 2017 akhir sudah bisa dioperasikan. Tetapi kemarin yang anggaran tambahan tidak keluar, dan 2016 juga masih kosong atau belum ada anggaran, kami juga belum bisa memastikan kapan akan rampung. Tetapi kalau anggaran lancar, dua tahun Bandara ini selesai," pungkasnya.

Loading...
Loading...