Kamis, 07 Desember 2017 08:41 WITA

Trump Resmi Akui Yerussalem Jadi Ibukota Israel, Hamas: AS Buka Gerbang Neraka

Editor: Suriawati
Trump Resmi Akui Yerussalem Jadi Ibukota Israel, Hamas: AS Buka Gerbang Neraka
Foto: AP

RAKYATKU.COM - Presiden AS Donald Trump pada hari Rabu (06/12/2017) mengumumkan bahwa Amerika secara resmi mengakui Yerussalem sebagai ibu kota Israel.

Berbicara di Ruang Penerimaan Diplomatik Gedung Putih, dia juga mengatakan bahwa kedutaan Amerika di Israel akan dipindahkan dari Tel Aviv, dari waktu ke waktu.

Presiden AS mengklaim bahwa ini menandai dimulainya pendekatan baru untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina.

"Israel adalah negara berdaulat dengan hak seperti setiap negara berdaulat lainnya untuk menentukan ibukotanya sendiri," kata Trump. "Sekarang saatnya untuk secara resmi mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel."

Trump Resmi Akui Yerussalem Jadi Ibukota Israel, Hamas: AS Buka Gerbang NerakaPidatonya disambut oleh demonstrasi di Timur Tengah. Organisasi Pembebasan Palestina mengatakan bahwa Trump telah menghancurkan harapan untuk solusi dua negara.

Hamas bahkan menuduh AS telah "membuka gerbang neraka." Sami Abu Zuhri, pemimpin Hamas, mengatakan bahwa keputusan Trump "tidak akan berhasil mengubah realitas Yerusalem menjadi tanah Arab yang Islami."

"Keputusan ini bodoh dan waktu akan mengatakan bahwa pecundang terbesar adalah Trump dan Netanyahu."

Namun Trump berdalih bahwa Amerika Serikat akan terus mendukung solusi dua negara untuk kebuntuan Israel-Palestina, "jika disetujui oleh kedua belah pihak."

Tags