Kamis, 07 Desember 2017 01:30 WITA

Perempuan 33 Tahun Lahirkan Bayi Kembar 4

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Perempuan 33 Tahun Lahirkan Bayi Kembar 4

RAKYATKU.COM - Pasangan suami istri, Hekki Triawan (33) dan Nora Septiani (33) tak menyangka akan mendapatkan bayi kembar. Tak tanggung-tanggung, mereka langsung dikaruniai empat orang bayi, satu laki-laki dan tiga perempuan.

Persalinan Nora Septiani dilakukan melalui operasi caesar di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Muhammad Hoesin Palembang, Selasa (5/12/2017) sore. Proses kelahiran berlangsung lancar, ibu dan keempat bayi dalam kondisi sehat.

Dokter yang menangani, dr R.M Aerul Cakra Alibasya mengatakan, kehamilan Nora Septiani melalui inseminasi, yakni sebuah tehnik medis dalam membantu proses repoduksi dengan memasukkan sperma ke dalam rahim dengan cara yang disebut dengan kateter. Persalinan dengan empat bayi melalui program ini baru pertama kali terjadi di Sumsel.

"Awalnya hanya terpantau satu sel telur, lalu membelah menjadi dua sel. Pada minggu ke sepuluh kehamilan, terpantau menjadi empat sel, dan ternyata memang ada empat janin, kemarin persalinannya," kata Aerul.

Hanya saja, kata Aerul, berat badan keempat bayi itu terbilang rendah, mulai 1.250 gram hingga 1.500 gram. Selama hamil, tim dokter melakukan peningkatan rahim agar mampu bertahan hingga 33 minggu kehamilan.

"Memang ada tantangan saat operasi, tapi bukan masalah, tetap lancar," jelasnya dilansir laman Merdeka, (7/12/2017).

Sementara itu, raut bahagia nampak dari wajah Hekki Triawan dan Nora Seprian. Hekki tidak menyangka akan memiliki empat bayi sekaligus dalam satu persalinan. 

Atas kesepakatan bersama istrinya, keempat bayi itu diberi nama dengan awalan huruf K. Yakni Kenzo (laki-laki), Keyla, Keyza, dan Keyra.

"Alhamdulillah ini rezeki dari Allah. Kami tadinya mau buat satu adik buat anak pertama, tetapi malah dapatnya empat," tuturnya.

Selama hamil, kata dia, istrinya banyak mengeluhkan kondisi kesehatannya, seperti menjaga berat badan. "Memang berat dibanding kehamilan pertama. Yang lucunya selama hamil istri saya suka makan di luar, dia tidak selera makan rumah," tukasnya.

Tags