Rabu, 06 Desember 2017 23:01 WITA

Bongkar Sindikat Uang Palsu, Appi dan Oknum Polisi Ditangkap

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bongkar Sindikat Uang Palsu, Appi dan Oknum Polisi Ditangkap
Aswar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Anggota Unit Resmob Polres Pinrang berhasil membongkar penyebaran uang palsu di Kampung Bulu, Kecamatan Mattiro Bulu, Kabupaten Pinrang, Rabu (6/12/2017).

Kasus ini terbongkar setelah anggota Polres Pinrang menerima informasi dari masyarakat, tentang adanya peredaran uang palsu yang diduga dilakukan oleh A. Pangurisang alias Cicang bersama rekannya, A Bangsawan.

"Setelah mendapat informasi tersebut, anggota melakukan penyelidikan dan berhasil mengamankan Bangsawan dan Cicang," kata Kapolres Pinrang, AKBP Adi Hipurboyo.

Saat dilakukan penggeledahan, lanjut Adi, petugas menemukan satu lembar uang palsu pecahan Rp50 ribu di dalam dompet milik A Pangurisang. Dari hasil interogasi, kedua pelaku mengaku uang palsu tersebut diperoleh dari Andi Ismail sebanyak Rp450.000. 

"Bangsawan juga mengaku sudah memberikan uang palsu kepada pelaku lain, yakni Andri Suardi alias Appi sebanyak Rp300.000, yang mana uang tersebut diduga berasal dari Aswar," jelasnya.

Dari keterangan Appi, Aswar merupakan oknum anggota Polri yang bertugas di Polres Mamasa Polda Sulbar. Saat ditangkap, Aswar mengakui uang palsu tersebut dibuat hanya dengan modal printer.

"Pelaku mengakui tujuannya membuat uang palsu untuk diserahkan kepada temannya untuk dibelanjakan. Total uang palsu yang diamankan sekitar Rp750.000 ribu," tukasnya.