Selasa, 05 Desember 2017 09:01 WITA

PLTB Siap Dibangun di Jeneponto

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
PLTB Siap Dibangun di Jeneponto
PLTB Sidrap.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Setelah membangun Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap, pemerintah kembali akan membangun PLTB di Kabupaten Jeneponto.

General Manajer PT PLN (Persero) Sulawesi Selatan, Tenggara dan Barat, Bob Saril mengatakan, pihaknya sementara membangun PLTB di Jeneponto dengan kapasitas listrik yang hampir sama dengan di Sidrap. 

"PLTB Jeneponto sudah masuk dalam proses pembangun pondasi tower. Kapasitasnya sama dengan yang Sidrap. Cuma dia menggunakan mesin Siemen dan jumlah towernya sedikit, yaitu 20 unit, karena kapasitas per towernya lebih besar, sekitar 5,4 MW," kata Bob Saril.

Selain jumlah  tiang  membedakan, investor yang dipercayakan membangun PLTB di Jeneponto berbeda dengan investor yang membangun PLTB di Sidrap. Jika UPC Renewables, perusahaan asal Amerika Serikat dengan melibatkan perusahan lokal PT Binatek Energi Terbarukan. 

"Di Jeneponto investornya Equis International dengan nilai investasi hampir sama. Yang Jeneponto juga progresnya bagus sekali, meski sekarang proses pondasi tower. Rencananya akhir tahun semua sudah mulai terpasang baling-balingnya," jelasnya.

Diketahui, pemerintah saat ini membangun PLTB di Sidrap yang akan memiliki kapasitas hingga 70 Megawatt (MW), dengan kapasitas per turbin hingga 2,5 MW dan jumlah tawer baling-baling sebanyak 30 buah. Dengan nilai investasi total 150 juta USD atau sekitar Rp2 triliun. 

Jika semua sudah terbangun, maka sistem kelistrikan di Sulawesi Selatan surplus lebih dari 500 MW. Pada April 2018 itu bisa terealisasi dengan total daya terpasang 1.700 MW, dari beban puncak yang hanya antara 1.100-1200 MW.