Senin, 04 Desember 2017 19:50 WITA

Perbaikannya Asal-asalan, Irigasi di Bulukumba Disoal Petani

Penulis: Rahmatullah
Editor: Fathul Khair Akmal
Perbaikannya Asal-asalan, Irigasi di Bulukumba Disoal Petani

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Para petani di Desa Tibona, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, mempermasalahkan renovasi irigasi yang terdapat di Dusun Bolaperringe, Desa Tibona.

Mereka menilai, pambangunan irigasi ini terkesan asal-asalan, sehingga mudah rusak.

Bahkan, Akbar, warga setempat menyebut jika irigasi tersebut tidak jelas latar belakang anggarannya. Sehingga pihak desa disinyalir melakukan pelanggaran.

"Katanya sumber anggaran perubahan dana desa tapi tidak ada di APB-Desa," ungkap Basir warga lainnya, Senin (4/12/2017).

Sementara itu, Kepala Desa Tibona, Baharuddin yang dikonfirmasi mengatakan, renovasi irigasi yang jumlahnya 5 titik tersebut memang menggunakan anggaran pribadinya, karena warga sudah butuh air sehingga harus dikerjakan secepatnya.

Loading...

"Karena kepentingan mereka juga terpaksa kami harus mengalihkan anggaran jembatan di dusun lain ke irigasi itu senilai Rp50 juta. Tapi karena dananya juga belum cair maka kami menggunakan dana pribadi dulu," ungkapnya saat dikonformasi rakyatku.com.

Pihaknya bahkan mengaku jika dirinya telah melakukan upaya perbaikan, karena seharusnya irigasi tersebut masuk dalam kuasa pemerintah kabupaten, namun karena mendesak dan harus dikerjakan.

"Persolan pengerjaan yang sesuai bestek kami menunggu hasil pemeriksaan Inspektorat, apakah memang terbukti," tambahnya.

Irigasi ini sendiri direnovasi oleh Pemdes karena adanya longsor di delapan titik, irigasi ini juga mengairi puluhan hektar sawah di daerah tersebut.

Loading...
Loading...