Kamis, 02 Juni 2016 22:17 WITA

Mau Tahu Kenapa Makassar Tiap Hari Macet? Ini Penyebabnya

Penulis: Sutrisno Zulkifli
Editor: Sulaiman Abdul Karim
Mau Tahu Kenapa Makassar Tiap Hari Macet? Ini Penyebabnya

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Salah satu persoalan Makassar yakni kemacetan. Hal ini dilatari atas penggunaan kendaraan pribadi yang semakin membengkak.

Dari hasil survei yang dirilis Celebes Research Center, hampir 70 persen masyarakat Makassar lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dalam beraktivitas. "Sementara menggunakan angkutan umum seperti pete-pete hanya berkisar 23 persen," ungkap Direktur CRC, Herman, pada Kamis (2/6/2016).

Dengan kondisi seperti ini, dikatakan Herman, sulit bagi Makassar keluar dari permasalahan macet. "Semua sudah termasuk motor dan mobil pribadi," terangnya.

Namun, teruntuk kondisi angkutan umum, Herman menemukan presentasi yang cukup positif. Anggapan masyarakat soal angkutan umum, lanjut Herman, lebih dari 50 persen.

loading...

"Dibanding tahun 2014, tahun 2016 cukup menurun dari 70 ke 64 persen. Tapi naik dari kondisi di tahun 2015 yang menurun hingga angka 58 persen," jelasnya.

Sementara, tambah Herman, masyarakat menilai salah satu solusi angkutan umum untuk mengurangi kemacetan, yakni pengadaan busway. "Cuma belum signifikan karena hanya berkisar di angka 27 persen," paparnya.

Seperti diketahui, survei ini dilakukan pada bulan April 2016. Dengan melibatkan 420 responden dari 14 kecamatan yang ada di Kota Makassar, dengan asumsi kekeliruan sebesar 5 persen.

Tags
Loading...
Loading...