Kamis, 30 November 2017 13:44 WITA

Sedikit Ilmu Public Speaking dari Aida Gunawan

Editor: Almaliki
Sedikit Ilmu Public Speaking dari Aida Gunawan

RAKYATKU.COM, BANTAENG - Nurul Faida Anwar atau yang akrab disapa Aida Gunawan, menjadi salah satu pemateri dalam Workshop Jurnalistik Televisi dan Public Speaking di Ruang Pola Kantor Bupati Bantaeng, Kamis (30/11/2017).

Sekadar diketahui, Workshop Jurnalistik Televisi dan Public Speaking diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo) Bantaeng.

Dalam kesempatan tersebut, Aida Gunawan yang aktif sebagai MC Profesional dan Presenter Talkshow, mengangkat tema "Berani Tampil, Berani Bicara".

Ia menyampaikan, bahwa tema tersebut diangkat dikarenakan kebanyakan orang punya mulut, tapi selalu takut menggunakan mulut (berbicara).

"Ada 3 faktor membentuk great speaker (pembicara hebat) yaitu dari lahir (keturunan), faktor lingkungan, dan latihan," ujarnya.

Wanita berhijab ini pun mengingatkan para peserta, dalam Public Speaking diharuskan mengenali audiens.

"Kemudian siapkan materi. Adapun beberapa hal penting dalam menyiapkan materi, di antaranya materi presentasi yang menarik, pelajari materi dengan baik, kuasai materi. Diharapkan hindari membaca, sesuaikan penampilan dengan tema acara, dan persiapkan hal teknis dengan baik (sound, mic, proyektor) karena akan mempengaruhi penampilan kita," paparnya.

Dirinya yang saat ini sebagai Dosen di Unifa (Universitas Fajar) menyampaikan beberapa teknik belajar bicara.

"Gunakan kaidah berbahasa Indonesia yang baik dan benar, olah vokal (intonasi, artikasikulasi, resonansi, dan pernapasan), pembawaan dalam berbicara (mimik, ekspresi, gerak tubuh), buatlah kerangka pembicaraan (opening, isi, closing), dan hindari membaca teks," jelasnya.

"Bisa mencatat catatan penting, namun jangan dibawa (ke atas saat berbicara)," pungkas alumni Komunikasi Unhas.

"Jangan buat ini jadi rumit, jika ingin berubah, ya lakukan. Ingatlah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil," tegasnya.