Rabu, 29 November 2017 11:48 WITA

Pangeran Saudi Miteb bin Abdullah Telah Dibebaskan

Editor: Suriawati
Pangeran Saudi Miteb bin Abdullah Telah Dibebaskan
Pangeran Miteb bin Abdullah (Getty Images)

RAKYATKU.COM - Pangeran Arab Saudi, Miteb bin Abdullah telah dibebaskan setelah dia ditahan lebih dari tiga minggu karena tuduhan korupsi.

Pangeran Miteb, yang pernah dipandang sebagai pesaing takhta, dibebaskan setelah menyetujui sebuah "penyelesaian yang dapat diterima" dengan pihak berwenang sebanyak lebih dari Rp13,5 triliun.

Dia adalah satu dari lebih 200 tokoh politik dan pebisnis yang ditahan dalam operasi anti-korupsi pada tanggal 4 November.

"Ya, Pangeran Miteb dibebaskan pagi ini (Selasa)," kata seorang sumber yang dekat dengan pemerintah kepada kantor berita Agence France-Presse, dikutip BBC.

Pangeran Miteb, yang merupakan sepupu Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan memimpin Garda Nasional elit Arab Saudi, adalah keluarga kerrajaan yang paling berpengaruh secara politik, yang ditahan dalam tindakan korupsi tersebut.

Menurut laporan media, korupsi merajalela di Arab Saudi, di mana sogokan dan uang suap telah lama menjadi bagian integral dalam berbisnis di negara penghasil minyak terkaya di dunia tersebut.

Oleh karena itu, Putra Mahkota Saudi telah menegaskan untuk memberantas korupsi, dan telah memusatkan perhatiannya pada beberapa orang terkaya di Saudi.

Banyak orang Saudi menyambut baik langkah untuk mengatasi korupsi dengan harapan bahwa sebagian kekayaan negara mereka akan didistribusikan kembali ke masyarakat umum.