Sabtu, 25 November 2017 15:03 WITA

Perpani Sulsel Minta Tambahan Kuota Cabang Panahan di Porda

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Perpani Sulsel Minta Tambahan Kuota Cabang Panahan di Porda

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Sebanyak 180 atlet cabang olahraga panahan dari 20 Kabupaten/ Kota turut berpartisipasi dalam Pra Porda XIV, yang digelar di Lapangan Bina Lopu, Kota Parepare.
 
Sekretaris Pengurus Persatuan Panahan Seluruh Indonesia (Perpani) Sulsel, Suherman, menyampaikan, atlet yang ada di Sulsel tidak boleh dipandang sebelah mata. Hampir setiap kabupaten/kota dari Provinsi Sulsel memiliki pelatih handal, yang merupakan mantan atlet hebat, bahkan sering mengharumkan nama Provinsi Sulsel.

"Panahan di Sulsel bukan hal kecil, pelatih yang kita miliki pernah mengikuti olimpiade. Mereka adalah pemain dunia, kita harus berbangga. Jangan buat orang memandang kita kecil. Mari kita sama membina dan mengembangkan olahraga panahan di setiap kabupaten kota. Mari kita munculkan Arjuna dan Srikandi yang handal," jelas Suherman.

Suherman juga meminta agar kuota untuk atlet panahan di Porda ditambahkan.

"Jika Porda kemarin kita hanya dapat kuota 67 atlet, maka di Porda ini kita minta kuota itu ditambahkan menjadi 100 atlet. Karena atlet kali ini yang ikut lebih banyak dari tahun lalu, sekitar 180 atlet yang berpartisipasi dalam Pra Porda XVI ini," ujarnya.

Sementara, Asisten I Pemkot Parepare, Rusman Rahman, mengatakan, olahraga panahan merupakan salah satu olahraga populer, dan berkembang baik di Indonesia. Olahraga ini sangat menjunjung tinggi nilai- nilai budi pekerti, sopan santun, sportivitas, kesabaran dan saling menghormati satu sama lain.

"Olahraga panahan ini bermanfaat untuk ketahanan, karena olahraga ini menggunakan otot-otot pada kedua lengan serta dada, bahu dan punggung. Faktor yang sangat penting dalam Panahan ini adalah Fokus. Jika kita fokus, bisa dipastikan sukses mengenai papan target saat melepaskan anak panah dari busur," jelas dia.