Rabu, 22 November 2017 17:45 WITA

Perkiraan Cuaca di Gowa dan Makassar

Editor: Almaliki
Perkiraan Cuaca di Gowa dan Makassar

RAKYATKU.COM, GOWA -  Badan Meterologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar memperkirakan kondisi cuaca akan sangat ekstrem di beberapa Kabupaten di Sulawesi Selatan, termasuk di antaranya Gowa, Pangkep, Takalar, dan Kota Makassar.

Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa Balai Besar M dan G, Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV - Makassar, Siswanto, saat dikonfirmasi mengatakan, tiga hari ke depan kondisi cuaca akan mengalami hujan deras disertai angin kencang.

"Hari ini saja masih hujan hingga sore, dan kondisi ini diperkirakan akan terjadi sampai tiga hari ke depan. Merata di Sulsel," jelas Siswanto via WhatsApp, Rabu (22/11/2017).

Menurutnya, Kabupaten Gowa salah satu daerah yang masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang-lebat dan disertai angin kencang.

"Hari ini saja hujan mengguyur Gowa sejak pukul 10.00 Wita hingga 12.00 Wita dan prakiraannya tiga hari ke depan masih akan hujan disertai angin meski tidak kencang," tutur Siswanto.

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gowa, Ikhsan Parawansa, saat dimintai komentarnya, meminta agar warga berhati-hati di dalam menyikapi kondisi cuaca yang ekstrem karena kondisi cuaca bisa berubah kapan saja termasuk bulan ini diperkirakan puncaknya.

"Makanya kami mengharapkan kepada masyarakat agar lebih tanggap dan waspada akan cuaca buruk dan bencana alam yang bisa saja terjadi kapan pun. Masyarakat diimbau tetap tenang, jangan panik,dan jangan terpancing isu-isu menyesatkan tentang bencana," ujar Ikhsan Parawansa.

Parawansa mengaku, saat kondisi seperti ini, ia terus komunikasi dengan BMKG, TNI, Polri, Tagana, PMI, Basarnas, dan SKPD serta relawan dan semua unsur terkait agar tetap siaga.