Rabu, 22 November 2017 14:01 WITA

Opini

Pentingnya Didikan dan Pendidikan di Era Keterbukaan

Editor: Mulyadi Abdillah
Pentingnya Didikan dan Pendidikan di Era Keterbukaan
Andika Putra

PENDIDIKAN adalah hal yang sangat penting bagi setiap insan manusia, tidak hanya bagi mereka yang berada pada taraf ekonomi yang tinggi tetapi pendidikan juga sangat penting bagi mereka yang berada pada taraf ekonomi menengah ke bawah. Pendidikan tidak hanya milik mereka yang sudah tergolong dalam usia dewasa, tetapi pendidikan juga teramat penting dan milik mereka yang masih anak-anak.

Pentingnya pendidikan bagi anak-anak adalah karena mereka merupakan generasi penerus bangsa dan bahkan masa depan bangsa berada pada pundak mereka agar negara kita tercinta Indonesia ini bisa menjadi negara terhebat dari negara-negara lainnya dan bahkan harapan Bangsa Indonesia dalam benak setiap generasi adalah agar negara ini bisa menjadi kiblat untuk negara-negara lain, baik dari segi ekonomi yang semakin maju, keamanan
negara, teknologi yang dimiliki, kualitas pendidikan, dan keadilan yang dirasakan oleh setiap warga negara Indonesia.

Pentingnya pendidikan bagi generasi penerus bangsa adalah sebagai modal terbesar untuk menjajaki dunia yang semakin modern, penuh persaingan dan bahkan penuh dengan drama. Maka dari itu, pendidikan teramat sangat penting agar mereka siap untuk menghadapi dan menaklukan dunia di era modernisasi atau era teknologi.

Kehidupan setiap insan sejak ia lahir merupakan sebuah proses atau perjalanan yang cukup panjang, dan dalam proses yang panjang itulah menjadi sebuah catatan penting bagi setiap insan, dimana mereka belajar mengamati, mencerna lalu kemudian menirukan apa yang mereka amati, entah itu merupakan hal yang baik maupun hal-hal yang buruk. Inilah yang kemudian mampu membentuk karakter manusia menjadi baik sesuai dengan apa yang mereka lihat atau malah sebaliknya menjadi karakter yang buruk sesuai dengan apa yang mereka amati. Terlebih di era keterbukaan, era teknologi semua bisa diakses dengan mudah dan cepat. Apapun yang mereka cari akan dengan mudah mereka dapatkan.

Namun dengan bekal pengawasan dan didikan yang baik dari orang tua maka hal ini akan meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan seperti terbentuknya karakter anak menjadi buruk. Sehingga seorang anak mampu menjadi generasi yang siap untuk bersaing dalam dunia yang semakin modern, karena pendidikan atau didikan yang baik menjadi hal yang paling utama dalam menentukan masa depan generasi dan masa depan bangsa yang lebih baik.

Dan oleh karena itu pendidikan merupakan harta paling berharga dan modal terbesar bagi setiap insan untuk menjadi generasi hebat dimasa yang akan datang, karena pendidikan dan didikan yang baik akan menjadi penentu masa depan generasi untuk mencapai kebahagiaan dalam mewujudkan cita-cita pribadi maupun cita-cita bangsa ini menjadi bangsa atau generasi hebat yang tidak hanya di negaranya sendiri tetapi menjadi generasi hebat di dunia.

Ada dua cara mendidik anak menjadi generasi terdidik yaitu pendidikan formal dan juga pendidikan secara non-formal. Pendidikan secara formal diantaranya, mereka dapatkan dari sekolah atau lembaga yang sifatnya formal (SD, SMP, SMA, Universitas, dll), sebaliknya pendidikan secara non-formal diantaranya adalah lingkungan keluarga, tempat bermain, akses internet dll yang sifatnya tidak secara formal.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa lingkungan mampu menjadi penyebab gagalnya membentuk karakter anak menjadi sesuai yang diharapkan, terlebih di era modernisasi atau era teknologi yang semakin canggih. Setiap anak bisa mengakses apapun yang diinginkan melalui jaringan internet dan inilah yang kemudian menjadi tantangan terbesar bagi setiap orang tua untuk mengambil peran dalam mendidik dan mengawasi agar mereka tidak terjerumus kedalam hal-hal yang tidak diinginkan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa perkembangan teknologi seperti banyaknya media sosial memberi banyak dampak yang luarbiasa, tidak hanya membawa dampak positif karena perkembangan teknologi memberi ruang untuk berkereasi dan mengakses banyak informasi positif tetapi sebaliknya juga mampu membawa begitu banyak efek negatif terhadap generasi karena mudahnya mengakses banyaknya konten-konten yang seharusnya mereka tidak perlu melihatnya seperti, konten pornografi, konten kekerasan, dan bahkan tidak menutup kemungkinan dengan perkembangan teknologi utamanya media sosial mampu menjadi pemicu timbulnya aksi kekerasan atau tindakan-tindakan melanggar hukum lainnya.

Perkembangan teknologi yang semakin maju seperti mudahnya memiliki akun sosial media memaksa orang tua agar lebih ekstra dalam melakukan kontrol terhadap anak mereka karena tidak semua konten yang disuguhkan dalam media sosial semuanya bisa dicernah dan ditanggapi positif oleh anak. Didikan dan arahan setiap orang tua amatlah penting agar anak mampu menggunakan media sosial secara bijak untuk menambah pengetahuan atau mengembangkan pendidikan mereka menjadi lebih baik.

Tidak hanya pada media massa, kontrol dari orang tua juga sangatlah penting terhadap tayangan-tayangan televisi yang banyak menayangkan hal-hal yang tidak ramah anak karena hal itu juga mampu berdampak negatif terhadap perilaku dan juga moral menjadi amoral atau tidak bermoral, karena setiap tayangan yang mereka lihat akan sangat mudah untuk mereka cernah lalu mereka mengadaptasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal inilah yang kemudian banyak terjadi, bahwa ada beberapa anak yang kemudian mengalami degradasi moral akibat dari apa yang mereka saksikan.

Peran orang tua dalam mendidik, memberikan pendidikan dan juga mengawasi merupakan hal yang paling utama agar mampu menjadi generasi yang berpendidikan juga religius, karena mengingat bahwa anak-anak merupakan peniru paling handal dan juga karena keingintahuannya yang besar sehingga membutuhkan kontrol dari orang tua. Karena pada dasarnya bahwa orang tua terkadang tidak sadar akan batasannya menggunakan media sosial atau internet secara bijak, terlebih bagi anak yang memiliki rasa ingin tau yang besar dan karena pemahaman yang masih kurang akan batasan-batasan menggunakan internet atau media sosial secara baik dan bijak.

Era modern dan perkembangan teknologi yang semakin maju juga bukan merupakan sesuatu hal yang salah karena perkembangan teknologi adalah hasil implementasi atau wujud dari kemajuan pendidikan, namun tidak dapat dipungkiri pula bahwa perkembangan tersebut membawa banyak dampak positif dan negatif tergantung cara seseorang menyikapinya seperti apa dan memahaminya dari sudut pandang yang mana. Dan yang terpenting adalah sebanyak-banyaknya dampak negatif yang ditimbulkan maka yang terpenting adalah peran orang tua dalam mendidik dan memberi pengawasan kepada anak untuk mencegah hal-hal yang tidak diharapkan oleh setiap orang tua.

Penulis: Andika Putra, S.Sos.
Alumni Fakultas Ushuluddin, Filsafat, dan Politik UIN Alauddin Makassar.
Founder www.lorongka.com

Tags