Rabu, 22 November 2017 11:35 WITA

Robert Mugabe Mengundurkan Diri Setelah 37 Tahun Berkuasa

Editor: Sulaiman Abdul Karim
Robert Mugabe Mengundurkan Diri Setelah 37 Tahun Berkuasa
Robert Mugabe.

RAKYATKU.COM - Robert Mugabe resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Presiden Zimbabwe. Mugabe berkuasa selama 37 tahun dan pernah berkata hanya Tuhan yang bisa menyingkirkanku. Mugabe mundur Selasa (21/11/2017) melalui surat yang dibacakan di parlemen Zimbabwe. 

Mugabe, seperti dilansir BBC, selama satu pekan bersikeras mempertahankan jabatannya, setelah militer mengambil alih kekuasaan serta ia dipecat dari partai pimpinannya, ZANU-PF. Dalam surat pengunduran dirinya, Mugabe menyebut keputusan itu diambilnya dengan sukarela. 

Demi perpindahan kekuasaan dengan cara yang damai. Mugabe di awal-awal bertahta, dianggap sebagai pahlawan Afrika. Tapi kekuasaannya yang lama membuat Zimbabwe mengalami keterpurukan ekonomi. 

Presiden Zimbabwe berikutnya

Mantan Wakil Presiden, Emmerson Mnangagwa akan menggantikan Mugabe. Mnangagwa sebelumnya disingkirkan istri Mugabe, Grace, yang berambisi naik ke tampuk kekuasaan. Hal inilah yang kemudian memicu krisis politik dan berujung pemakzulan Mugabe. 

Robert Mugabe Mengundurkan Diri Setelah 37 Tahun Berkuasa(Rakyat Zimbabwe merayakan mundurnya Mugabe)

Militer bertindak dan menjadikan Mugabe sebagai tahanan rumah. Mugabe berumur 93 dan sampai pengunduran dirinya menjadi pemimpin tertua di dunia.

Menurut konstitusi penggantinya harus menjadi Wakil Presiden saat ini, Phelekezela Mphoko, pendukung Grace Mugabe. Namun sekretaris hukum Zanu-PF Patrick Chinamasa mengatakan kepada kantor berita Reuters bahwa Mnangagwa akan dilantik pada hari Rabu atau Kamis.