Selasa, 21 November 2017 17:45 WITA

Kadis Perpustakaan Maros Ajari Sekdes Kelola Arsip

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kadis Perpustakaan Maros Ajari Sekdes Kelola Arsip
Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros, Kamaluddin Nur, jadi narasumber pada Bimtek Administrasi dan Manajemen Pembangunan Desa, Selasa (21/11/2017). 

RAKYATKU.COM, MAROS - Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpusarsip) Maros, Kamaluddin Nur, menjadi narasumber dalam Bimtek Administrasi dan Manajemen Pembangunan Desa, di Gedung Baruga B Kantor Bupati Maros, Selasa (21/11/2017). 

Bimtek ini digelar oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Maros, untuk meningkatkan pengetahuan aparatur desa, tentang kearsipan.

Dalam materinya, Kadis Perpusarsip Maros, Kamaluddin Nur, pengetahuan kearsipan menjadi penting, utamanya bagi sekretaris desa sebagai pempimpin unit kearsipan pemerintah desa, dan kepala urusan umum sebagai pelaksana teknis arsip pemerintah desa. 

Pengetahuan tentang kearsipan ini diberikan agar para aparat desa mampu memberdayakan pengelolaan arsip desa. Sehingga dapat difungsikan dan dimanfaatkan sebesar-besarnya dalam melayani dan memenuhi kepentingan masyarakat desa.
 
"Pengelolaan arsip merupakan pekerjaan yang harus melalui suatu proses dalam kegiatan nyata sehari-hari sebagai kinerja riil," jelasnya.  

Sementara Kabid Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Maros, Muh Aris mengemukakan, bimtek ini bertujuan untuk terwujudnya administrasi dan manajemen pembangunan desa yang lebih baik.

"Bimtek ini diikuti sekira 160 orang yang terdiri sekretaris desa dan kepala urusan umum pemerintahan desa," ujarnya. 

Materi lain yang disajikan dalam bimtek ini yakni manajemen pemerintahan desa, perencaan pembangunan kawasan, perencanaan pembangunan Kabupaten Maros, serta manajemen penelitian pemerintahan desa.