Selasa, 21 November 2017 11:42 WITA

Maret 2018, Pembangunan Tol Layang Pettarani Dimulai

Editor: Almaliki
Maret 2018, Pembangunan Tol Layang Pettarani Dimulai

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Pembangunan Pettarani Tol Road atau tol layang dalam kota, yang rencananya bakal membentang di sepanjang Jalan Andi Pangeran Pettarani, akan dimulai pada Maret 2018.

Presiden Director PT Bosowa Marga Nusantara, Anwar Toha, mengatakan hingga saat ini perkembangan pembangunan berjalan baik. Maka dari itu pengerjaan konstruksi tetap pada target awal, yakni terhitung enam bulan pasca groundbreaking 12 Oktober 2017 lalu.

"Lama pengerjaan tol layang di Jalan Andi Pangeran Pettarani, masih diperkirakan memakan waktu selama dua tahun," ucap Anwar Toha.

Sementara Ketua Tim Konsultan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) Tol Layang, Khairul Anwar, mengatakan kajian Amdal dan utilitas di jalan tersebut, masih dalam tahap proses.

"Diperkirakan dampak besar yang akan ditimbulkan oleh pembangunan tol layang ini hanya kemacetan. Sedangkan untuk lingkungan sekitar, dipastikan tidak akan berdampak fatal," kata Khairul. 

Pasalnya, dalam pengerjaan tol layang tersebut, pihak pengembang yakni PT. Bosowa Marga Nusantara akan menggunakan sistem pengerjaan bor pile.

Dengan menggunakan sistem bor pile, lanjut Khairul, dampak lingkungan seperti debu, getaran berlebih, dan pengaruh terhadap udara, dapat diminimalisir.

Pengerjaan bor pile dimulai dengan pelubangan tanah sampai pada kedalaman yang diinginkan. Kemudian pemasangan tiang besi dilanjutkan dengan pengecoran beton. 

Sementara untuk pohon di median Jalan Andi Pangeran Pettarani, kemungkinan besar bakal ditebang, dan akan digantikan kembali dengan penanaman pohon baru di ruas-ruas jalan usai perampungan pembangunan.