Senin, 20 November 2017 20:45 WITA

KKN Berbasis ICT Unhas Ditempatkan di Luwu Utara

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
KKN Berbasis ICT Unhas Ditempatkan di Luwu Utara
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Luwu Utara, Arief R Palallo.

RAKYATKU.COM, LUWU UTARA - Luwu Utara menjadi lokasi pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan tema Desa Membangun Berbasis Information and Communication Technology (ICT), oleh mahasiswa Universitas Hasanuddin (Unhas).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Luwu Utara, Arief R Palallo, mengungkapkan, Lutra menjadi satu-satunya daerah yang menjadi tujuan KKN ini.

“Unhas memilih Luwu Utara karena melihat keseriusan pemerintah daerah dalam menerapkan Smart City dan Smart Village. Olehnya itu, kami bersama Dinas PMD akan bekerja keras untuk menjadi tuan rumah yang baik. Baik dalam artian kita mampu menyiapkan infrastruktur IT-nya terlebih dulu,” ujar Arief, Senin (20/11/2017).

Rencananya, 167 mahasiswa akan disebar di seluruh desa di Lutra, termasuk desa-desa yang ada di wilayah terpencil seperti Rongkong, Seko dan Rampi. 

“Jadi, secara tidak langsung pemasangan alat penunjang akses internet di Rongkong kemarin, menyusul Seko dan Rampi, adalah bagian dari upaya kita menyiapkan infrastruktur IT-nya,” ungkap Arief.  

KKN Unhas ini merupakan KKN tematik, di mana KKN ini orientasi programnya terfokus pada satu bidang saja, yakni tentang penerapan IT. Mahasiswa KKN akan menerapkan teknologi, informasi dan komunikasi dalam setiap program kerjanya selama di Luwu Utara. Dan apa yang dilakukan sangat linier dengan upaya pemerintah dalam mewujudkan Smart City dan Smart Village.