Senin, 20 November 2017 12:30 WITA

Besok, Nasib Setya Novanto di Golkar Diputuskan

Editor: Almaliki
Besok, Nasib Setya Novanto di Golkar Diputuskan
Setya Novanto saat berada di Makassar.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Ketua DPR RI, Setya Novanto. resmi dijebloskan di rutan KPK, pada Minggu (19/11/2017) malam. Setnov, nama bekennya, tersangkut kasus KTP elektronik yang diduga merugikan negara sebesar Rp2,3 trilliun.

Lantas, bagaimana nasib Setnov di Golkar? Saat ini, Setnov masih berstatus sebagai Ketua Umum DPP Golkar yang sah.

Menurut Wakil Sekjen DPP Golkar, Abdillah Natsir, nasib ketuanya akan akan diputuskan pada rapat pleno DPP Golkar yang akan digelar, Selasa besok (21/11/2017).

"Kita masih tunggu bagaimana hasil rapat besok," ungkap Abdillah, lewat pesan elektronik, pada Senin (20/11/2017).

Berkembang isu, sejumlah elite dan sesepuh Golkar menginginkan akan Setnov segera dicopot dari jabatannya, melalui forum Musyawarah Nasional Luar Biasa (Munaslub).

Menanggapi itu, Abdillah tak menampik. Bahkan, salah satu agenda pembahasan rapat pleno yakni terkait Munaslub atau menunjuk pelaksana tugas (Plt) Ketua Umum pengganti Setnov.

Besok, Nasib Setya Novanto di Golkar Diputuskan

"Tapi mekanisme di Golkar, Munaslub baru bisa dilakukan kalau 2/3 pengurus DPD I (tingkat provinsi) yang meminta diselenggarakannya Munaslub. Dan penentuannya itu melalui Rapimnas Golkar," jelas Sekretaris DPD I Golkar Sulsel tersebut.

Yang jelas, lanjut Abdillah, nasib Golkar akan ditentukan berdasarkan hasil rapat pleno. "Rapat pleno besok untuk penentuan sikap DPP terkait penahanan SN," tutupnya.

Senada dengan itu, Ketua Bidang Organisasi dan Daerah Golkar Sulsel, Risman Pasigai, mengaku Golkar Sulsel belum mengambil sikap sampai hari ini. 

"Kita tunggu apa hasil rapat pleno DPP Golkar yang akan digelar pekan ini. DPD Golkar Provinsi tentunya akan ikut dan taat asas," singkatnya.