Jumat, 17 November 2017 12:23 WITA

Bissu Nani Pimpin Komunitas Bissu Pangkep

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Bissu Nani Pimpin Komunitas Bissu Pangkep

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Setelah melewati tahapan musyawarah oleh dewan adat Segeri dan Bissu, Bissu Nani didaulat memimpin Komunitas Bissu Pangkep. Bissu Senior ini didampingi puang Lolo / Juleha sebagai wakil dan Bissu Eka sebagai Bissu Tanre.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pangkep, Ahmad mengatakan, Bissu Nani sudah resmi dilantik hari ini oleh Dewan Adat Segeri, sesuai syariat Islam.

"Bissu Nanti tadi sudah disumpah sesuai agama Islam oleh karaeng Segeri yang juga Camat Segeri. Nanti juga akan ada pelantikan secara adat," kata Ahmad, Jumat (17/11/2017).

Ahmad menjelaskan, pelantikan ini dilakukan mengingat acara Mappalili yang sudah sangat mendesak untuk digelar. Terpilihnya Bissu Nani pun telah diterima oleh seluruh kalangan, terutama dewan adat Segeri sebagai pewaris kerajaan Segeri.

Bissu Nani Pimpin Komunitas Bissu Pangkep

Secara umum, kata Ahmad, jumlah Bissu di Pangkep saat ini berjumlah 7 orang, khususnya Bissu Dewatae atau yang memiliki ilmu tinggi. Ke 7 Bissu tersebutlah yang melakukan musyawarah tertutup dengan dewan adat untuk kemudian menentukan Puang Matoa.

"Nanti akan ada sendiri pelantikan secara adat. Namun tidak akan membatalkan keputusan tentang terpilihnya Bissu Nani sebagai puang Matoa, karena secara umum sudah sah apalagi sudah dilantik langsung oleh Karaeng Segeri," ungkap Ahmad.

Pemkab, kata Ahmad sangat berharap, dengan terpilihnya Puang Matoa Nani, fungsi dan peran tradisi di masyarakat bisa lebih besar lagi. Khususnya terkait tradisi yang masih dibutuhkan oleh masyarakat.