Kamis, 16 November 2017 01:00 WITA

Skandal Video Mesum Samarinda, 2 Mahasiswa Jadi Tersangka

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Skandal Video Mesum Samarinda, 2 Mahasiswa Jadi Tersangka

RAKYATKU.COM - Dua mahasiswa Yogyakarta, Ar (19) dan Dh (19), ditetapkan sebagai tersangka baru kasus beredarnya video mesum sejoli di Samarinda. Keduanya kini meringkuk di penjara, bersama tersangka A (19) yang telah lebih dulu ditahan.

"Dua tersangka baru ini perannya sama dengan tersangka pertama. Mengambil video, dan kemudian menyebarkan ke orang lain. Total keseluruhan, ada 3 tersangka dari kasus ini," kata Kasat Reskrim Polresta Samarinda, Kompol Sudarsono.

"Barang bukti yang kita amankan dari kedua tersangka baru ini ada laptop, ponsel, dan juga flashdisk," tambahnya dilansir Merdeka, Kamis (16/11/2017).

Ketiga tersangka, menurut Sudarsono, merupakan teman akrab. Mereka sudah bersahabat sejak sama-sama bersekolah di Samarinda. "Ketiga (tersangka) ini asal Samarinda, saling berteman juga. Sampai akhirnya kuliah bareng di Yogyakarta juga bersama-sama," bebernya.

Terpisah, Kanit Jatanras Satreskrim Polresta Samarinda, Ipda Noval Forestriawan menambahkan, penetapan dua tersangka baru dilakukan pada Senin (13/11) lalu, dan langsung dilakukan penahanan.

"Awalnya keduanya ini, kita panggil ke Samarinda untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi. Kita nilai memenuhi unsur, kita tetapkan sebagai tersangka dan ya kita tahan," kata Noval.

loading...

Noval menambahkan, kedua tersangka inilah yang pertama kali menyebarluaskan video mesum tersebut ke teman-temannya yang lain. Meski memang video itu sudah dihapus dari laptop dan flashdisk, namun video itu disimpan di akun Google Drive.

"Mereka ini cuma iseng menyebarkan. Padahal mereka ini saling kenal, karena memang berteman," tambahnya.

Diketahui, video mesum sejoli berdurasi 5 menit beredar luas di lini media sosial 23 Oktober 2017 lalu. Sempat mencuat dugaan, pemeran video sebagai siswa salah satu sekolah favorit di Samarinda, meski dipastikan dugaan itu salah.

Tidak kurang 10 saksi diperiksa, dalam kasus itu. Akhirnya, 3 mahasiswa tak lain teman karib dalam pemeran video itu, jadi tersangka setelah penyidik menjeratnya dengan pasal 27 ayat 1 UU No 11/2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan atau pasal 35 UU No 44/2008 Tentang Pornografi.


 

Loading...
Loading...