Rabu, 15 November 2017 21:31 WITA

Optimalkan Pelayanan, Disdukcapil Bulukumba Gandeng Lakpesdam

Editor: Ibnu Kasir Amahoru
Optimalkan Pelayanan, Disdukcapil Bulukumba Gandeng Lakpesdam

RAKYATKU.COM, BULUKUMBA - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Bulukumba dikebut dengan penyelesaian pencatatan kependudukan, utamanya jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Saat ini, masih tersisa sekitar 28 ribu masyarakat Bulukumba dari total 432.171 yang hampir tidak memiliki identitas, utamanya KTP Elektronik.

Kepala Disdukcapil Bulukumba, Muliyati Nur mengatakan, segala upaya telah dilaksanakan agar penyelesaian hak dasar kependudukan tercapai, termasuk menggandeng lembaga swadaya masyarakat yang dapat membantu mencari warga yang belum mimiliki E-KTP.

"Termasuk kami bekerjasama dengan Lakpesdam. Lakpesdam yang merekomendasikan nama-nama mereka yang kemudian kami tindak lanjuti untuk dibuatkan identitas," kata Mulyati, Rabu (15/11/2017).

Bukan hanya Lakpesdam, demi menyelesaikan target akhir tahun 2017 ini, Disdukcapil juga meminta bantuan Komisi Pilihan Umum (KPU) Bulukumba untuk bersama mencari sejumlah masyarakat yang terisolir agar melakukan perekaman.

"Diangka 28 ribu ini beragam masalahanya, ada yang memang belum mau rekam, ada yang ke luar negeri (Malaysia) tanpa membuat laporan perpindahannya, bahkan didaerah yang masih sulit diakses sepeeti masyarakat adat," Tambahnya.

Sementara itu, Ketua Lakpesdam Bulukumba, Muhammad Nur A'la menyampaikan keperihatinan mereka dengan kondisi masyarakat yang saat ini belum mau lakukan perekaman dengan banyak kendala, sehingga pihaknya hadir menemukan solusi tersebut.

"Kami akan membantu Dukcapil merangkul masyarakat adat, mengawal mereka melakukan perekaman. Mereka memang cenderung tertutup dalam hal-hal seperti ini" Ungkapn Nur A'la.