Rabu, 15 November 2017 19:28 WITA

Mudahkan Peserta, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi JKN

Editor: Andi Chaerul Fadli
Mudahkan Peserta, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi JKN

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi semakin pesat. Jumlah pengguna telepon pintar di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 100 juta orang. 

Selain itu, trend teknologi saat ini mengarah ke penggunaan mobile application, seperti media sosial saja mencapai 92 juta pengguna atau sekitar 32 persen dari populasi.

“Melihat semakin banyak masyarakat yang menggunakan perangkat tersebut, BPJS Kesehatan pun tak ketinggalan. Dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), kami meluncurkan aplikasi Mobile JKN,” ujar Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris, saat acara Launching aplikasi Mobile JKN  di Jakarta, Rabu (15/11/2017).

Fachmi menambahkan, aplikasi ini merupakan bentuk transformasi digital model bisnis BPJS Kesehatan. Yang semula berupa kegiatan administratif dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan, ditransformasi ke bentuk aplikasi.

Mudahkan Peserta, BPJS Kesehatan Luncurkan Aplikasi JKN

"Saat ini tercatat pengguna aplikasi mobile JKN versi Android sebanyak > 1.000.000 user dan Aplikasi Mobile JKN versi iOS sebanyak > 2.000 user," jelasnya. 
 
Dia melanjutkan, angka tersebut diyakini akan terus meningkat. Melihat potensi ekonomi digital Indonesia dan komitmen Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam pembangunan jaringan dan infrastruktur di wilayah Indonesia melalui program-program seperti Desa Broadband, Program Palapa Ring, Refarming 4G.

"Kami optimis aplikasi mobile JKN dapat dimanfaatkan seluruh penduduk Indonesia. Sehingga kemudahan mendapatkan layanan JKN-KIS bukan hanya milik penduduk di perkotaan saja namun milik penduduk di seluruh pelosok wilayah Indonesia,” jelas Fachmi.