Rabu, 15 November 2017 18:36 WITA

Kenapa Stok Beras Lama Lebih Penting Didistribusikan?

Editor: Almaliki
Kenapa Stok Beras Lama Lebih Penting Didistribusikan?

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Sistem First In First Out (FIFO), menjadi prinsip gudang Bulog, dalam mendistribusikan beras miskin (Raskin) ke masyarakat. Tak terkecuali Bulog Pangkep, di mana stok beras lama yang ada di gudang Bulog, akan terlebih dulu didistribusikan ke masyarakat dibanding stok baru.

Kepala Gudang Bulog Pangkep, Rustam Efendi Lubis, mengatakan prinsip ini juga digunakan gudang Bulog seluruh Indonesia. Bahkan, sekaitan dengan hal tersebut, hari ini Bulog Pangkep menerima kiriman stok dari gudang Bulog Makassar, untuk didistribusikan kepada masyarakat Pangkep.

"Stok baru tidak mungkin kita salurkan bila masih ada stok lama, karena begitu aturan mainnya. Untuk menjaga kualitas beras agar tetap layak konsumsi, setiap hari kita monitoring stok beras di gudang dengan dua cara, fumigasi dab spraying," ujar Rustam kepada Rakyatku.com, Rabu (15/11/2017).

Dikatakan Rustam, perubahan beras stok lama pasti ada. Tidak sebagaimana beras baru. Hanya saja, perubahan tersebut tidak sampai membuat beras tidak layak konsumsi. Apalagi jenis beras yang dibeli dan dijadikan stok gudang Bulog, adalah jenis beras kualitas medium.

"Fumigasi dan spraying kurang lebih tujuannya sama: untuk menjaga kualitas dan menghindarkan dari kutu beras. Setiap hari bila cuaca cerah, kita juga membuka gudang untuk menjaga rasi udara," ungkap Rustam.

Spraying sendiri kata Rustam, adalah metode penyemprotan di dalam gudang dan di luar gudang. Sedangkan fumigasi adalah metode pengendalian hama menggunakan pestisida.

"Kita monitoring setiap hari. Melihat perkembangan serangan hama. Bila ada gejala kita akan melaporkan ke sub Makassar, agar segera dilakukan spraying. Fumigasi sendiri tergantung serangan hama, karena dosisnya harus pas. Dengan metode ini hama bisa langsung mati."

Tags