Rabu, 15 November 2017 17:51 WITA

Demi Kereta Api, 800 Kuburan akan Dibongkar

Editor: Almaliki
Demi Kereta Api, 800 Kuburan akan Dibongkar

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Jalur kereta api Trans Sulawesi akan melewati Tempat Pemakaman Umum (TPU) di Kabupaten Barru. Makanya, 800 kuburan di TPU tersebut, akan dipindahkan ke lokasi yang sudah disediakan oleh pemerintah setempat. 

Bupati Barru, Suardi Saleh yang baru saja dilantik, mengatakan pembangunan kereta api Trans Sulawesi masih bermasalah soal pembebasan lahan. 

"Pembebasan lahan ada bermasalah termasuk kuburan yang harus dipindahkan, tapi sudah ada kesepakatan dari satuan kerja yang telah menetapkan lokasi penggantian, kemudian ada biaya pemindahan yang akan diserahkan ke masing-masing orang, atau yang dipercayakan untuk mengelola," kata Suardi Saleh. 

Katanya, persoalan tersebut sudah ditangani dan lokasi pemindahan kuburan sudah ada. Tinggal memindahkan kuburan yang dilewati kereta api.

Selain itu, kendala yang harus dihadapi oleh pemerintah dalam pembebasan lahan, yaitu permasalahan lahan sengketa keluarga. "Tapi kita sudah lakukan pendekatan, akan tetapi jika belum menemui titik terang, maka akan kami titip di pengadilan,"  tegasnya. 

Meskipun begitu, pihaknya tetap optimis mampu menyelesaikan permasalahan tersebut. Alasannya, sesuai target akhir 2017 pembebasan lahan kereta api di Barru, sudah harus rampung. 

"Target rampung tahap kedua itu di tahun 2017 ini. Nanti masuk tahap selanjutnya menuju Pelabuhan Garongkong dengan anggaran pembebasan lahan sebesar Rp320 miliar sampai tahap saat ini," jelasnya.

Sebelumnya, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) usai melantik Suardi Saleh, menitipkan proyek kereta api Trans Sulawesi agar secepatnya dikerjakan dan diselesaikan.