Rabu, 15 November 2017 16:03 WITA

Tim Aksi Nyata ICT Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove

Editor: Mulyadi Abdillah
Tim Aksi Nyata ICT Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove
Foto: IST

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Tim Aksi Nyata Indira Chunda Thita (ICT) melakukan penanaman 20 ribu bibi mangrove, di Lantebung, Kelurahan Bira, Kecamatan Tamalanrea, Makassar, Rabu (15/11). Penanaman mangrove tersebut merupakan salah satu bentuk perjuangan ICT sebagai anggota DPR RI di Komisi IV, yang membidangi pertanian, perikanan kelautan, kehutanan, dan Bulog. 

Koordinator Tim Aksi Nyata Kecamatan Tamalanrea, Sukarno Lallo, menyampaikan, penanaman mangrove merupakan bagian dari pemberdayaan kelompok pengelola kebun bibit rakyat melalui program gerakan tanam dan pelihara, yang dilaksanakan dan bekerjasama dengan Balai Pengelola Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Jeneberang. Pada tahun sebelumnya, program tersebut telah dilaksanakan di daerah Sungai Tallo, dengan jumlah bibit mangrove sebanyak 20 ribu. 

"Tahun ini, kami bersama-sama masyarakat Lantebung, Kelurahan Bira, untuk melakukan penanaman mangrove atau lebih dikenal pohon bakau sebanyak 20 ribu," kata Daeng Sulo, sapaan akrab Sukarno Lallo, Rabu (15/11/2017).

Ia menambahkan, penanaman mangrove bertujuan untuk penghijauan, mencegah erosi dan abrasi, serta menjaga keberlangsungan ekosistem dan biota laut. 

Tim Aksi Nyata ICT Tanam 20 Ribu Bibit Mangrove

Sementara, Ketua Kelompok Pengelola Pemerhati Mangrove Lantebung, Saraba, mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada ICT atas adanya kegiatan KBR ini. Program ini sangat membantu nelayan dan masyarakat pesisir wilayah utara Kota Makassar.