Rabu, 15 November 2017 09:28 WITA

Warga Australia Dukung Pernikahan Sesama Jenis

Editor: Suriawati
Warga Australia Dukung Pernikahan Sesama Jenis
Pendukung pernikahan sesama jenis merayakan hasil poling di Melbourne (Getty Images)

RAKYATKU.COM - Warga Australia telah memilih untuk mensahkan pernikahan sesama jenis, menurut sebuah jajak pendapat dari Biro Statistik Australia.

Menurut hasil pemungutan suara, 61,6% orang menginginkan pasangan sesama jenis diperbolehkan menikah. Lebih dari 12,7 juta orang (sekitar 79,5% pemilih yang memenuhi syarat) ikut serta dalam pemilihan tersebut.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull mengatakan bahwa "hasil yang luar biasa" itu berarti pemerintahnya akan berusaha mengubah undang-undang di parlemen sebelum Natal.

"(Warga Australia) telah berbicara... dan mereka telah memilih untuk kesetaraan perkawinan," kata Turnbull setelah hasilnya diumumkan.

"Mereka memilih ya untuk keadilan, ya untuk komitmen, ya untuk cinta. Dan sekarang terserah kita di sini di parlemen Australia untuk melanjutkannya."

Warga Australia Dukung Pernikahan Sesama JenisPada hari Rabu (15/11/2017) para pendukung mulai merayakan hasilnya di ruang publik di seluruh Australia, dengan melambaikan bendera pelangi, bernyanyi dan menari.