Rabu, 15 November 2017 00:27 WITA

Jaksa Kewalahan Hadirkan Jen Tang, Kajati Tinggalkan Kejati Sulsel 

Editor: Fathul Khair Akmal
Jaksa Kewalahan Hadirkan Jen Tang, Kajati Tinggalkan Kejati Sulsel 
Kajati Sulselbar, Jan S Maringka

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kasus korupsi sewa lahan di Kelurahan Buloa Kecamatan Tallo yang menyeret Soedirjo Aliman alias Jen Tang sebagai tersangka masih tanda tanya.

Jen Tang yang sudah dipanggil sebanyak dua kali oleh tim penyidik pidana khusus (Pidsus) Kejati Sulselbar belum juga memenuhi panggilan. Surat pemanggilan kedua terhadap Jen Tang dibawa langsung oleh jaksa ke Daihatsu, PT Jujur Jaya Sakti di jalan Bawakaraeng Makassar milik Jen Tang pada Rabu (8/11/2017) lalu.

Kasi Penkum Kejati Sulselbar, Salahuddin yang dikonfirmasi perihal kehadiran Jen Tang untuk diperiksa setelah menjadi tersangka tidak memberi tanggapan. Ia menyebut akan menyampaikan info jika ada kabar Jen Tang.

"Nanti saya sampaikan jika ada info," ungkap Salahuddin melalui sambungan telepon.

Salahuddin hanya menyampaikan perihal jabatan baru Kajati Sulselbar Jan S Maringka yang pindah tugas disaat tersangka Jen Tang tak kunjung memenuhi panggilan penyidik. Bahkan beredar informasi jika Jen Tang telah berada di luar negeri meski Kejati mengklaim telah mengeluarkan surat pencekalan terhadap Jen Tang.

Bahkan Salahuddin menyebut Jan Maringka sudah berangkat ke Jakarta untuk dilantik dengan Jabatan sebagai Jam Intel di Kejaksaan Agung. Jabatan Jam Intel tersebut disematkan kepada Jan Maringka setelah menjalankan program unggulan selama menjadi Kajati Sulsel.

"Program unggulan beliau adalah Jaksa Menyapa yang dilakukan secara rutin, Jaksa Go to Campus, dengan metode kepemimpinan KOP yaitu Konsolidasi, Optimalisasi dan publict Trust," tambah Salahuddin.

Salahuddin menyebut Jan Maringka akan dilantik oleh Jaksa agung. Meski demikian hingga saat ini belum ada mama pengganti Jan Maringka sebagai Kajati Sulselbar.

"Dilantik di Jakarta di Kejaksaan Agung oleh Jaksa Agung, penggantinya belum ada jabatan masih dirangkap sampai ada penggantinya," tambahnya lagi.