Selasa, 14 November 2017 22:32 WITA

Indeks Kepuasan Penyelengaraan Haji 2017 Capai 84,85 Persen

Editor: Fathul Khair Akmal
Indeks Kepuasan Penyelengaraan Haji 2017 Capai 84,85 Persen
Penyerahan penghargaan dipimpin kepala Kemenag Sulsel, Abdul Wahid Thahir di lapangan upacara kanwil Kemenag Sulsel, Senin (13/11/2017) kemarin.

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pusat Statistik (BPS) dalam surveinya menyatakan, bahwa penyelenggaraan Haji di Tahun 2017 ini diberi nilai memuaskan. Indeks Kepuasan Penyelenggaraan Haji menurut BPS, tiap tahun trendnya mengalami peningkatan. 

Hal ini diungkapkan oleh anggota Humas kemenag Sulsel, Mawardi Siradj mengatakan, indeks kepuasan penyelengaraan haji mencapai angka 84,85 persen, atau mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. 

"Tahun ini indeks kepuasan penyelenggaraan ibadah haji berada pada angka 84,85 persen. Ini merupakan survei yang dilakukan badan pusat statistik secara nasional," ujar Mawardi kepada Rakyatku.com, Selasa (14/11/2017).

Dengan hasil tersebut, 24 Kemenag kota dan kabupaten di Sulawesi Selatan mendapatkan penghargaan. Penyerahan penghargaan ini langsung dipimpin kepala Kemenag Sulsel, Abdul Wahid Thahir di lapangan upacara kanwil Kemenag Sulsel, Senin (13/11/2017) kemarin. 

"Keberhasilan ini diraih bukan semata karena hadiah, tapi berkat dari kerja keras, sinergitas, komunikasi, koordinasi, serta keikhlasan kita dalam memaksimalkan tanggung jawab dalam memberikan pelayanan terbaik bagi para tamu Allah," kata Wahid Thahir.

Salah satu unsur penyelenggara haji yang mendapat penghargaan ialah UPT Asrama Haji Sudiang. Asrama Haji Sudiang tahun ini memang mengalami perubahan drastis demi meningkatkan pelayanan untuk jemaah calon haji dari berbagai provinsi di kawasan Indonesia Timur sebelum diterbangkan ke Arab Saudi. 

Tiga wisma baru untuk para calon haji yang dibangun merupakan perubahan yang paling mencolok di Asrama Haji Sudiang tahun ini. Ketiga wisma tersebut yaitu Wisma Zamzam, Raodah, dan Birr Ali dianggap setara dengan hotel berbintang tiga. Ketiga wisma yang menelan anggaran sebesar 87 miliar ini pun dianggap memuaskan para calon jemaah haji tahun ini.