Selasa, 14 November 2017 19:51 WITA

Kesbangpol Palopo Sosialisasi Bantuan Keuangan Parpol

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Kesbangpol Palopo Sosialisasi Bantuan Keuangan Parpol

RAKYATKU.COM, PALOPO - Kesbangpol Kota Palopo menggelar sosialisasi terkait Peraturan BPK Nomor 2 Tahun 2015, tentang Pemeriksaan Laporan Pertanggungjawaban Bantuan Keuangan Partai Politik (Parpol), di Hotel Value, Kota Palopo, Selasa (14/11/2017).

Dalam Laporannya, Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad Nur mengatakan jika kegiatan ini bertujuan untuk membahas tentang Peraturan Pemerintah Nomor 83 Tahun 2012, perubahan atas Peraturan Pemerintah No 5 tahun 2009, tentang Bantuan Keuangan untuk Partai Politik.

"Sosialisasi ini juga membahas tentang surat Keputusan Badan Kesbangpol Kota Palopo, tentang Pembentukan Panitia Pelaksana Sosialisasi Bantuan Keuangan Partai Politik Tahun anggaran 2017, serta Dokumen Pelaksanaan Anggaran Badan Kesbangpol Tahun 2017," ujarnya.

Sementara itu, Walikota Palopo yang diwakili oleh Staf Ahli Pemerintah Kota Palopo, HM Suyuti Yusuf, meminta kepada semua Pimpinan maupun Kader Partai Politik agar bersyukur, karena Pemerintah Pusat telah mengeluarkan kebijakan dengan merevisi Peraturan Pemerintah No 5/2009 ini.

"Pimpinan dan kader parpol harus bersyukur karena pemerintah pusat karena telah mengeluarkan kebijakan untuk menaikkan bantuan dana partai, yang sebelumnya hanya Rp 108 per suara, kini naik menjadi Rp 1000," jelasnya.

Selain itu, dia juga menyampaikan rasa syukurnya, sebab Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo saat ini mampu meraih beberapa penghargaan, seperti Laporan hasil Pemeriksaan (LHP) BPK terhadap Laporan Keuangan. 

"Pemerintah Kota Palopo telah memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Keberhasilan tersebut tentu tak lepas dari peran dan dukungan Partai Politik khususnya dalam pelaksanaan pelaporan keuangan bantuan dana bagi Partai Politik," kuncinya.