Selasa, 14 November 2017 18:39 WITA

Tiga Tenaga Medis Harumkan Nama Pangkep di Tingkat Nasional

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
Tiga Tenaga Medis Harumkan Nama Pangkep di Tingkat Nasional

RAKYATKU.COM, PANGKEP - Hasriani Raja Fatta, Andi Fitriani Zaenuddin dan Muh Alwi merupakan tiga tenaga medis lingkup Pemkab Pangkep, yang berhasil menorehkan prestasi sebagai Tenaga Medis Teladan Tingkat Nasional.

Hasriani yang juga tenaga sanitarian dari Puskesmas Labakkang, Pangkep, menyabet gelar juara ke 3 kategori petugas kesehatan lingkungan teladan yang digelar di Jakarta belum lama ini.

"Seleksi di daerah kita lolos, di Provinsi bahkan kita juara satu, lalu di Jakarta, di hadapan tenaga medis seluruh Indonesia, alhamdulillah saya juara 3 terbaik kategori kesehatan lingkungan 2017," ujar Hasriani, Selasa (13/11/2017).

Sementara itu, Andi Fitriani, yang merupakan Petugas Gizi Puskesmas Sarappo, mendapat penghargaan sebagai 5 besar petugas nutrisionis teladan 2017. Uniknya, Fitriani membuat inovasi gizi dari bahan dasar daun kelor yang banyak tumbuh di pulaunya.

"Daun kelor itu vitamin C nya 7 kali lebih banyak dari pada jeruk dan 5 kali lebih banyak dari wortel. Daun kelor juga baik untuk ibu hamil dan balita mengingat kandungan zat besinya yang 3 kali lebih banyak dari garam," ungkap Fitriani.

Keberhasilan Fitriani juga karena inovasinya mengolah daun kelor tersebut menjadi berbagai macam makanan, seperti mi daun kelor, tahu isi daun kelor, roti kambu, panada daun kelor, kerupuk daun kelor, dan agar agar daun kelor.

Berbeda dengan dua petugas sebelumnya, Muh Alwi yang merupakan tenaga medis Puskesmas Kalabbirang, Kecamatan Minasatene, mendapat predikat tenaga medis teladan karena prestasinya menginisiasi kegiatan sumber sehat lansia, yang dirintisnya sejak tiga tahun lalu.