Selasa, 14 November 2017 17:59 WITA

DPLH Sulsel Gelar Workshop Penegakan Hukum Lingkungan Hidup

Editor: Al Khoriah Etiek Nugraha
DPLH Sulsel Gelar Workshop Penegakan Hukum Lingkungan Hidup

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Sulsel menggelar Workshop Penegakan Hukum Lingkungan Hidup (LH), di Hotel Kenari, Selasa (14/11/2017).

Kegiatan ini dilaksanakan, untuk menyamakan persepsi terkait penegakan hukum perizinan dan pencemaran lingkungan hidup.

Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas LH DPLH Sulsel, Muhammad Nuh Rahim mengatakan, kegiatan ini juga untuk meningkatkan koordinasi dan menyamakan persepsi tentang norma dan ketentuan hukum lingkungan hidup, khususnya penegakan hukum administrasi, perdata dan pidana.

"Keutuhan lingkungan hidup, kesejahteraan, mutu hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia. Hal itu diamanatkan dalam pasal 28H Undang-undang 1945," terangnya.

DPLH Sulsel Gelar Workshop Penegakan Hukum Lingkungan HidupIa menambahkan, untuk lebih menjamin kepastian hukum dan memberikan perlindungan hak setiap orang untuk mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat, maka pemerintah mengeluarkan UU Nomor 32 Tahun 2009, tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

"Banyak kegiatan pembangunan yang akan dan telah dilaksanakan, namun tidak melalui proses perencanaan yang baik dan benar. Masih banyak yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah terkait kondisi lingkungan hidup," paparnya.

Ia berharap, melalui kegiatan workshop kali ini, seluruh peserta dapat menerima semua materi terkait peraturan perundang-undangan yang berlaku. Sehingga nantinya para peserta dapat mengetahui, sekaligus memahami tentang segala ketentuan-ketentuan hukum yang ada.

"Saat di lingkungan kerja masing-masing, peserta juga diharapkan untuk bekerja secara efektif dan efisien dalam proses penegakan hukum, terhadap suatu kegiatan/usaha yang dapat menimbulkan pencemaran atau kerusakan lingkungan," harapnya.

Workshop Penegakan Hukum Lingkungan Hidup ini akan digelar selama 2 hari, yakni mulai tanggal 14 hingga 15 November. 

Hadir sebagai peserta dalam kegiatan tersebut, Perwakilan DPLH kabupaten/kota se Sulsel, Pejabat Pengawas LH Provinsi Sulsel, Balai Pengamanan dan Penegakan Hukum LH dan Kehutanan KLHK RI Wilayah Sulawesi, serta beberapa instansi lainnya di lingkup Pemprov.