Selasa, 14 November 2017 17:11 WITA

Iran Akhiri Operasi Penyelamatan Gempa, Tercatat 450 Korban Tewas

Editor: Suriawati
Iran Akhiri Operasi Penyelamatan Gempa, Tercatat 450 Korban Tewas
Sebuah bangunan rusak aibat gempa di daerah Sarpol-e Zahab di Kermanshah, Iran (Foto: Reuters)

RAKYATKU.COM - Operasi penyelamatan di wilayah-wilayah Iran yang dilanda gempa bumi telah diakhiri. Televisi pemerintah melaporkan pada hari Selasa (14/11/2017) bahwa tercatat ada 450 orang tewas dan ribuan lainnya terluka.

Gempa yang melanda pada hari Minggu, berkekuatan 7,3 SR dan berpusat di Penjwin, provinsi Sulaimaniyah Irak, namun dampak terbesarnya dirasakan di 14 provinsi di Iran.

Presiden Iran Hassan Rouhani telah mengunjungi daerah yang dilanda gempa di Kermanshah dan berjanji bahwa pemerintah "akan menggunakan semua kekuatannya untuk menyelesaikan masalah dalam waktu sesingkat-singkatnya".

Sementara itu, Otoritas tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, telah menyampaikan belasungkawa pada hari Senin. Dia juga meminta instansi pemerintah untuk melakukan semua yang mereka bisa untuk membantu para korban.

Iran Akhiri Operasi Penyelamatan Gempa, Tercatat 450 Korban Tewas

Televisi pemerintah melaporkan bahwa ribuan orang berkerumun di kamp, sementara banyak lainnya menghabiskan malam kedua di tempat terbuka karena takut akan gempa susulan.

Di Irak, gempa menyebabkan sedikitnya enam orang tewas dan melukai lebih dari 68 orang. Di distrik Irak utara, tujuh orang tewas dan 325 terluka.