Selasa, 14 November 2017 16:30 WITA

Gagal Jawab Soal untuk Anak Kelas 4 SD, 20.000 Guru Akan Dipecat

Editor: Suriawati
Gagal Jawab Soal untuk Anak Kelas 4 SD, 20.000 Guru Akan Dipecat
Foto: Twitter

RAKYATKU.COM - Lebih dari 20.000 guru di Nigeria terancam dipecat setelah gagal dalam tes kompetensi yang dirancang untuk anak-anak berusia sepuluh tahun.

Berita ini muncul setelah Gubernur Kaduna, Mallam Nasir Ahmad El-Rufai membagikan beberapa skrip tes di Twitter, pekan lalu.

"Berikut beberapa skrip uji kompetensi utama yang dilakukan untuk guru sekolah dasar di Negara Bagian Kaduna. Maukah Anda mengizinkan seseorang seperti ini mengajari anak Anda?" tulisnya dalam caption yang menyertai foto lembar jawaban.

 

Gubernur tersebut juga mengatakan bahwa guru yang memperoleh nilai bawah 75% akan dipecat, namun mereka dapat mengajukan permohonan kembali jika mereka dapat memperbaiki nilai mereka.

Presiden Nigeria, Muhammadu Buhari mendukung rencana tersebut dan mencap hasil ujian para guru sebagai sesuatu yang "tragis".

"Ini adalah situasi yang sangat serius ketika guru tidak dapat lulus ujian yang seharusnya mereka ajarkan pada anak-anak. Ini adalah situasi yang sangat tragis yang kita hadapi," katanya.

BBC melaporkan bahwa sedikitnya 19.000 aplikasi telah diterima untuk menggantikan para guru yang akan dipecat.

Namun Serikat Buruh menentang rencana pemecatan tersebut, dan mencap langkah itu sebagai propaganda.

Badan PBB Unicef ??menemukan Nigeria memiliki jumlah anak berhenti bersekolah terbanyak di dunia. Sekitar sepuluh juta anak tidak memiliki akses terhadap pendidikan dasar di Nigeria dan Unicef ??menyalahkan hal ini atas kurangnya fasilitas yang tepat.

Tags