Selasa, 14 November 2017 15:26 WITA

Syahrul Yasin Limpo: Guru Jangan Gaptek!

Editor: Almaliki
Syahrul Yasin Limpo: Guru Jangan Gaptek!
Syahrul Yasin Limpo

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL), melalui festival pelajar menyampaikan, kemajuan teknologi yang ada saat ini sudah dimanfaatkan oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-sehari. 

Menurutnya, guru atau tenaga pendidik, bisa saja dikalahkan dengan siswanya, jika guru tidak mengikuti zaman. Sebab, siswa bisa saja mencari referensi di internet dengan pelbagai macam pengetahuan. 

"Guru jangan pernah yang ketinggalan teknologi atau guru-guru sekarang jangan gagap teknologi, karena akan tertinggal dari siswanya kalau tidak tahu tentang teknologi," ujar SYL, saat membuka festival pelajar, di Mal Phinisi Point, Selasa (14/11/2017). 

Katanya, guru saat ini tidak boleh lagi menjadi generasi kertas, yang hanya mengandalkan pertemuan, lalu menulis di sebuah lembaran kertas. Akan tetapi, guru harus mengikuti era yang ada saat ini yaitu era digital. 

"Mau atau tidak mau, besok guru yang masih mengandalkan hanya pertemuan muka, akan tertinggal jauh dari siswanya. Siswa yang diberikan soal sudah memiliki jawaban jauh sebelum soal itu dibuat. Itu karena semua sudah ada di Google," jelasnya. 

Menurutnya, pendidikan sangat penting, oleh karena itu, guru juga harus meningkatkan kualitasnya dan mengikuti perkembangan zaman.

"Karena kita mau besok harus bisa lebih baik, maju, modern, dan mandiri. Siapapun kita, harus mampu menghadirkan pendidikan yang lebih baik ke depannya," tuturnya. 

Selain itu, Gubernur Sulsel dua periode ini mengingatkan kepada seluruh guru yang hadir, agar tetap menanamkan karakter yang kuat di dalam diri anak didiknya, seperti karakter yang dimiliki oleh orang Bugis Makassar.

"Anak-anak besok tidak hanya harus cerdas dan pintar, tapi harus memiliki karakter Bugis Makassar yang hebat. Orang Bugis Makassar adalah orang yang memiliki sifat siri na pacce, selalu menghargai orang lain, dan selalu bekerja keras," tutupnya.