Selasa, 14 November 2017 12:21 WITA

Diskominfo Sulsel Ajak Warga Melek Media

Editor: Andi Chaerul Fadli
Diskominfo Sulsel Ajak Warga Melek Media
Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP) Sulsel, Andi Hasdullah

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Statistik dan Persandian (KISP) Sulsel, Andi Hasdullah mengatakan, kemampuan masyarakat dalam menganalisis fakta-fakta yang terjadi di media harus dikembangkan, hingga masyarakat paham dalam memilah informasi.

"Masyarakat harus terampil dalam mengenali, menganalisis, dan menyikapi konten-konten yang ada dimedia, baik cetak, elektronik maupun media online," ujarnya kepada Rakyatku.com, Selasa (14/11/2017).

Menurutnya, istilah literasi dan melek media harus diketahui oleh seluruh masyarakat. Agar dapat memilah dan menggunakan informasi dengan bijak, serta dapat memberikan evaluasi dan advokasi kepada masyarakat lainnya.

"Kepekaan dan kemampuan menganalisis konten media harus dibarengi dengan keberanian untuk mengadukan konten negatif yang ditemukan," tambahnya.

Apabila masyarakat melek media, menurut dia, maka masyarakat akan memperoleh isi media yang memang dibutuhkan, tanpa teralihkan oleh pesan atau konten yang tidak dibutuhkan.

"Mereka yang melek media tidak akan menerima begitu saja apa yang disajikan oleh sebuah media. Karena adanya penyeleksian informasi dalam mengakses media," jelas Hasdullah.