Sabtu, 11 November 2017 17:04 WITA

Kereta Api Trans Sulawesi Belum Beroperasi, Ini Alasannya

Editor: Ibnu Kasir Amahoru

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo (SYL) bersama Forkopimda Sulsel telah melakukan uji coba rel Kereta Api Trans Sulawesi di Kabupaten Barru, pada Jumat (10/11/2017) kemarin.

Rel kereta api sendiri yang baru selesai hanya sepanjang 16 kilometer. Meski demikian, kereta api tersebut masih belum bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. 

Masyarakat Sulsel masih harus bersabar naik kereta api dengan menunggu sampai akhir tahun 2018, itu pun jika target perampuangan rel kereta api sepanjang 44 kilometer november tahun 2018 dapat tercapai. 

Selain itu, yang terpenting adalah sudah ada operator yang masuk mengoperasikan kereta api tersebut. Karena, jika belum, maka kereta api tersebut tidak bisa dioperasikan. 

Kereta Api Trans Sulawesi Belum Beroperasi, Ini Alasannya

Kepala Balai Teknik Kereta Api wilayah Jawa Bagian Timur, Arisman mengatakan, pemerintah saat ini sementara menyiapkan siapa operator yang masuk dalam Kereta Api Trans Sulawesi tersebut.

"Operator tersebut disiapakan untuk mengoperasikan Kereta Api Trans Sulawesi itu tahun depan jika sudah sampai 44 kilometer. Karena kita targetkan november 2018 sudah bisa selesai 44 kilometer," kata Arisman. 

Selain itu, menurutnya, akan ada kereta dikirim ke Sulsel tahun ini, tapi itu bukan untuk kereta penumpang. Kereta tersebut adalah kereta inspeksi yang tidak diperuntukkan untuk penumpang. 

"Sebenarnya kereta inspeksi kita sudah siapkan untuk Makassar dan akan didatangkan ke Makassar akhir tahun. Nanti kereta inspeksi itu tidak untuk penumpang," tutupnya