Sabtu, 11 November 2017 12:17 WITA

Anggota PPS Parepare dan Sidrap Resmi Dilantik

Editor: Fathul Khair Akmal
Anggota PPS Parepare dan Sidrap Resmi Dilantik
Pelantikan PPS Parepare

RAKYATKU.COM, PAREPARE - Ketua KPU Kota Parepare, Nur Nahdiyah melantik 66 Panitia Pemungutan Suara(PPS) yang tersebar di 22 Kelurahan di Kota Parepare. Pelantikan itu berlangsung di Hotel Kenari, Bukit Indah Kota Parepare, Sabtu(11/11/2017).

Pelantikan ini dihadiri langsung Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe, Forkumpimda, Camat dan Lurah serta Panwas.

Nadia dalam sambutannya menaruh harapan besar terhadap para PPS yang baru saja dilantik.
"Kita semua adalah penyelenggara Ad Hock sebagai tulang punggung pelaksanaan demokrasi di Indonesia," kata Nadia.

Terpilihnya para anggota PPS ini kata dia, melalui proses perekrutan yang panjang. Gunanya, untuk melahirkan panitia yang memiliki integritas dan independensi.

"Lakukan amanah UU dengan sungguh-sungguh, Kota Parepare merupakan Kota kecil, apapun yang kita lakukan akan terdeteksi, jika melanggar, Anda akan diproses oleh Panwas," terang dia.

Nadia menambahkan, bebeberapa bulan ke depan, KPU dan seleuruh elemen penyelenggara akan menghadapi kerja demokrasi yang berat dengan porsi yang besar.

"Olehnya itu mulai sekarang, jika ada Bimtek batalkan dulu semua hal yang kurang penting agar bisa berbuat maksimal dalam pelaksanaan demokrasi. Jalin sinergitas dengan Panwas dan Pemerintah Kota agar kerja-kerja kita terarah," tutup dia.

Di tempat terpisah, KPU Sidrap juga melantik 318 anggota PPS dari 106 desa/kelurahan dan 11 kecamatan di Bumi Nene Mallomo itu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah para anggota PPS ini dilakukan oleh Ketua KPU Sidrap, Dahlia dan disaksikan para komisioner KPU lainnya. Kegiatan ini juga dihadiri sejumlah kepala desa/lurah dan camat se-Sidrap. 

Anggota PPS Parepare dan Sidrap Resmi DilantikPelantikan PPS Sidrap

Pelantikan ratusan anggota PPS yang akan bertugas melakukan proses pemungutan suara di tingkat desa/kelurahan untuk Pilkada serentak 2018 ini, ditandai dengan penandatanganan berita acara dan penyerahan SK pelantikan kepada masing-masing anggota. 

"Anggota PPS ini nantinya akan membentuk KPPS (Kelompok Panitia Pemungutan Suara) untuk masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara) di wilayah tugasnya," ujar Dahlia.

Para anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 11 kecamatan di Sidrap juga diundang menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPS ini.

"Para PPS akan bekerja sama dengan tga anggota sekretariat untuk keperluan administrasi yang personilnya ditentukan oleh masing-masing pemerintah setempat, dalam hal ini kepala desa atau lurah," pungkas Dahlia.