Kamis, 09 November 2017 10:58 WITA

"Makassar Lahir Saat Salat Jumat, Semoga Allah Ridhai!"

Editor: Almaliki
Jajaran Forkompimda dan pejabat lingkup Pemerintah Kota Makassar, berziarah ke Makam Raja-raja Tallo, Jalan Sultan Abdullah, Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kamis (9/11/2017).

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto didampingi Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal, dan Karaeng Tallo, Andi Abdul Rauf Maro Karaeng Rewa, beserta jajaran Forkompimda dan pejabat lingkup Pemerintah Kota Makassar, berziarah ke Makam Raja-raja Tallo, Jalan Sultan Abdullah, Kelurahan Buloa, Kecamatan Tallo, Kamis (9/11/2017).

Kegiatan yang diisi dengan sejumlah ritual adat, seperti ritual adat membasuh muka, penghormatan kepada Raja-raja Tallo, dan ritual budaya haul Raja-raja Tallo ini, dilaksanakan sebagai rangkaian dari Hari Ulang Tahun (HUT) ke-410 Kota Makassar.

"Ada beberapa hal yang bisa kita tarik dan kita jadikan nilai. Pertama, Makassar lahir dan dideklarasikan saat salat Jumat. Itu tandanya, Allah SWT meridai terbentuknya kota kita," kata Danny dalam sambutannya.

Kemudian kekuatan kebersamaan dari masa lampau, lanjut Danny, menjadi pondasi berdirinya kota ini. Kebersamaan yang kuat, menghasilkan tekad untuk membangun Kota Makassar. Kota keempat tersohor di Asia, setelah Ayodhya, Batavia, dan Malaka.

"Maka melalui kegiatan kita ingin memperingatkan kepada seluruh masyarakat, baik anak-anak hingga orang tua, untuk tetap mengingat bagaimana pendahulu kita membentuk Kota Makassar," pungkasnya.