Senin, 06 November 2017 10:34 WITA

Bulan Ini, Bawaslu Rilis Indeks Kerawanan Pemilu

Penulis: Rizal
Editor: Almaliki
Bulan Ini, Bawaslu Rilis Indeks Kerawanan Pemilu

RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), akan merilis Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) pada pertengahan bulan November 2017 ini.

"Jadi, sambil kita lakukan langkah-langkah sosialisasi dan langkah-langkah pencegahan, kita saat ini sedang menyusun Indeks Kerawanan Pemilu. Insyaallah nanti pertengahan bulan November ini kita sudah rilis secara nasional," tutur Ketua Bawaslu Sulsel, Laode Arumahi, Senin (6/11/2017).

Bahwa dari hasil data Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) tersebut, nantinya, mereka sudah bisa memetakan daerah-daerah yang dianggap rawan jelang perhelatan politik tahun 2018 dan 2019 mendatang.

"Jadi ada beberapa aspek yang kita teliti bersama dengan variabel-variabelnya. Misalnya soal kesiapan penyelenggara pemilu, soal potensi money politics, mobilisasi PNS, kesediaan anggaran, serta tantangan, dan hambatan geografis. Itu akan kita petakan semua," ujarnya.

loading...

Acuan paling mendasar dari Bawaslu dalam penyusunan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) ini, dijelasinya, adalah pengalaman penyelenggaraan Pemilu di suatu daerah.

"Sudah diadakan seminar-seminar terkait daerah yang rawan, tapi acuan paling utama adalah kita mengacu pada pengalaman-pengalaman di Pilkada sebelumnya. Jadi, variabelnya itu berdasarkan pengalaman Pemilu di suatu daerah," pungkasnya.

Loading...
Loading...