Sabtu, 04 November 2017 13:39 WITA

Bagian Tersembunyi dari Jepang, Ada Sekolah Korea Utara

Editor: Suriawati
Bagian Tersembunyi dari Jepang, Ada Sekolah Korea Utara
Screenshot YouTube

RAKYATKU.COM - Korea Utara dan Jepang tidak memiliki hubungan yang begitu baik. Bahkan, ketegangan antar kedua negara semakin meningkat, setelah rezim Kim Jong-un meluncurkan rudal yang melintasi Jepang baru-baru ini.

Jadi mungkin mengejutkan saat mengetahui bahwa ternyata ada sekolah Korea Utara di tengah kota Tokyo, lengkap dengan kurikulum pro-Korea Utara, gambar para pemimpinnya, dan penjaga yang melindungi anak-anak dari pemrotes Jepang yang marah.

Baru-baru ini Vox mengeluarkan sebuah film dokumenter tentang masalah ini, yang berjudul Inside North Korea’s bubble in Japan (Di dalam gelembung Korea Utara di Jepang). Film ini memberi tampilan menarik tentang bagian Jepang yang tidak diketahui ini.

Anda dapat menyaksikan filmnya di sini:

loading...

 

Orang Korea Utara di Jepang memiliki sejarah panjang dan rumit dengan negara tempat tinggal mereka. Nenek moyang mereka secara paksa dibawa ke Jepang setelah Kekaisaran Jepang mencaplok Korea pada tahun 1910, dan mereka baru diizinkan pergi setelah kekalahan Jepang dalam Perang Dunia II. Tapi banyak dari mereka tetap memutuskan untuk tinggal di Jepang seumur hidup mereka.

Sayangnya, masalah di Korea menjadi semakin kompleks, di mana negara ini terbagi menjadi Korea Utara dan Selatan. Nah, Korea Utara akhirnya membantu orang Korea yang tinggal di Jepang, mengirimi mereka uang dan membantu komunitas mereka dengan membangun sekolah.

Loading...
Loading...