Jumat, 03 November 2017 18:41 WITA

Tiga Hari Operasi Zebra, Polres Maros Tindak 106 Pelanggaran

Editor: Adil Patawai Anar
Tiga Hari Operasi Zebra, Polres Maros Tindak 106 Pelanggaran

RAKYATKU.COM, MAROS - Satuan Lalulintas (Lantas) Polres Maros menggelar oprasi Zebra 2017 di ruas jalan poros Sudirman depan pasar sentral Kabupaten Maros Jumat (3/11/2017).

Dalam operasi ini seluruh pengguna jalan yang melintas diarahkan untuk menepi dan para pengendara diminta untuk memperlihatkan surat kendaraan baik surat tanda nomor kendaraan (STNK) maupun surat izin mengemudi (SIM).

Kepala Satuan (Kasat) Lantas Polres Maros, AKP. Sulaeman mengatakan, dalam tiga hari sejak dimulainya Oprasi Zebra 2017 secara nasional ini pihaknya telah menindak sedikitnya 106 pelanggaran.

"Sejak dibukanya Operasi Zebra 2017 secara nasional 1 November 2017, kita sudah melakukan penindakan pelanggaran. Di hari pertama kami menindak sedikitnya 30 pelanggaran, di hari kedua sebanyak 39 di hari ini sebanyak 37 pelanggaran," ujarnya.

Suleman melanjutkan, pelanggaran yang kerap ditemukan pada Operasi Zebra 2017 di Maros ini berbagai macam.

"Untuk pelanggaran sendiri itu beragam, mulai dari melawan arus, kendaraan tidak lengkap, tidak memiliki SIM dan STNK serta penggunaan sabuk pengaman," ungkapnya.

Untuk kendaraan yang mati pajak, lanjutnya, pihaknya telah bekerja sama dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Samsat Maros Provinsi Sulawesi Selatan.

"Bagi kendaraan yang mengalami mati pajak, samsat Maros yang sudah siap bersama kendaraan pelayanannya untuk memproses langsung pajak kendaraan yang mati," katanya.

Dia menjelaskan, penindakan terhadap para pelanggar itu berbagai macam tergantung kelengkapan yang dimiliki pengendara. 

"Penindakan kami tergantung pelanggarannya, jika tidak memiliki STNK, kita menyita SIM begitupun sebaliknya, jika tidak memiliki surat surat yang dimaksud kita lakukan penyitaan terhadap kendaraannya tersebut," bebernya mantan kasat Lanta Polres Pangkep ini.

Iyapun mengimbau kepada seluruh para pengendara untuk senantiasa tertib berlalulintas serta mematuhi rambu rambu lalulintas untuk ikut dalam melakukan pencegahan korban kecelakaan lalulintas.

"Kedepan dalam rangka Oprasi Zebra, seluruh pengguna jalan untuk tetap patuh, karen untuk mengantisipasi kecelakaan lalulintas adalah dengan mengurangi pelanggaran lalulintas,” imbaunya.