Kamis, 02 November 2017 18:33 WITA

100 Anggota Polres Maros Ikut Ujian Psikologi Pemegang Senpi

Editor: Fathul Khair Akmal
100 Anggota Polres Maros Ikut Ujian Psikologi Pemegang Senpi

RAKYATKU.COM, MAROS - Sebanyak 100 orang personil dari jajaran Polres Maros, mengikuti ujian psikologi pemegang senjata organik yang digelar oleh Bagian Psikologi Biro Sumber Daya Manusia Polda Sulsel, di ruang baruga A kantor Bupati Maros, Kamis (2/11/2017). 

Kepala Bagian Psikologi SDM Polda Sulsel, AKBP Said Rifai mengatakan, tes ini merupakan prosedur utama bagi setiap personil yang memegang senjata organik jenis Revolver secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan senjata bagi anggota Polri.

"Tes ini kita gelar setiap enam bulan sekali. Bagi pemegang Senpi yang tidak lulus, secara otomatis akan kita tarik senjatanya. Semua ini kita lakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaannya. Karena tidak mudah bagi anggota Polri untuk memegang senjata," terangnya. 

Sementara itu, Kepala Bagian Sumda Polres Maros, Kompol Abdul Halid menjelaskan, tes ini juga diikuti oleh personil yang mengajukan permohonan penggunaan senjata. Jika lulus tes, mereka akan diberikan izin penggunaan dan akan diperpanjang setiap enam bulan. 

"Mereka ini ada yang baru bermohon ada juga yang memperpanjang izinnya. Jika mereka lulus, artinya izinnya akan diperpanjang dan bagi yang bermohon dan lulus, kita akan kasi senjata," paparnya. 

Lebih lanjut, Halid mengatakan, 100 orang yang mengikuti tes ini, berasal dari seluruh satuan unit di jajaran Polres Maros. Mulai dari satuan Intel, Reskrim, Lantas hingga Bhabinkatibmas. Ada empat jenis tes yang mereka ikuti, mulai dari kecerdasan, kepribadian, kecermatan dan stabilitas emosi.

"Yang kita tes ini berasal dari semua satuan dan jajaran. Mereka mengikuti empat jenjang tes tertulis dengan batasan waktu yang telah ditentukan," pungkasnya.